@Tiktok

Kenapa Video TikTok Tidak Bisa Disimpan di Galeri HP?

kenapa video TikTok tidak bisa disimpan di galeri

Pasti banyak yang bertanya kenapa video TikTok tidak bisa disimpan di galeri. TikTok adalah aplikasi untuk berbagai video pendek dengan memberikan kebebasan pada penggunanya saling berkreasi.

Baik hanya sekedar membuat konten untuk branding diri maupun branding produk jualan, media ini juga dikenal gesit menyebarkan berita viral. Kemudahan membagikan konten pada aplikasi inilah yang membuat namanya naik daun dan terus digunakan di berbagai negara.

Namun tidak seperti media sosial Facebook yang memudahkan penggunanya menyimpan konten. TikTok memberikan batasan terkait hal ini. Sehingga dibutuhkan trik khusus jika ingin menyimpan konten incaran ke ponsel.

Alasan Kenapa Video TikTok Tidak Bisa Disimpan di Galeri

Aplikasi TikTok dikenal dengan kecepatan tersebarnya sebuah video. Pengguna dapat bebas membagikan hingga memberikan komentar termasuk like love yang menjadi acuan tingkat keviralan suatu konten. Namun kemudahannya membagikan konten tidak semudah mengunduhnya.

Belum ada penjelasan khusus secara resmi alasan kenapa video TikTok tidak bisa disimpan di galeri. Namun beberapa kemungkinan alasannya yaitu bisa jadi pihak aplikasi ini memberikan variasi opsi terkait privasi para penggunanya sehingga tidak dapat langsung diunduh seperti Facebook.

Alasan lainnya, bisa jadi hanya karena aplikasi ini belum menyajikan tombol save yang terhubung pada galeri ponsel penggunanya. Kemungkinan ini bisa jadi suatu saat pihak TikTok akan mengembangkan fitur-fitur yang memudahkan keinginan penggunanya termasuk penyimpanan ke ponsel.

Cara Menyimpan Video TikTok di Galeri

Setelah mengetahui alasan kenapa video TikTok tidak bisa disimpan di galeri, tentu Anda tetap ingin mendapatkan video incaran dari aplikasi tersebut dalam beberapa kasus. Misalnya saja ada sebuah konten menarik yang ingin dijadikan status di media sosial lain.

Oleh karenanya perlu mengetahui cara mengunduh konten tersebut ke galeri. Ada dua cara pengunduhannya yaitu tanpa aplikasi dan dengan aplikasi, berikut penjelasannya.

1. Menyimpan tanpa aplikasi

Cara ini digunakan untuk mengunduh tanpa adanya aplikasi tambahan yang perlu diinstal lebih dulu. Cara ini memanfaatkan berbagai situs download yang memudahkan para penggunanya.

  1. Buka akun TikTok, copy link atau tautan tersebut dari menu share
  2. Buka browser bawaan perangkat dan kunjungi situs pengunduh salah satunya https://snaptik.app/ID
  3. Beberapa alternative situs lain yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video TikTok ke galeri yaitu sssTikTok.io, savefrom.net, dan masih banyak situs gratisan lainnya.
  4. Lalu paste link yang sudah dicopy pada kolom tersedia lalu klik download
  5. Pilih server secara bebas maka akan otomatis terdownload, durasi pengunduhan tergantung kualitas dan besar ukurannya
  6. Dan video incaran Anda sekarang telah berada di galeri yang kabar baiknya tanpa watermark menyertainya
  7. Dan video incaran Anda sekarang telah berada di galeri yang kabar baiknya tanpa watermark menyertainya

2. Menyimpan video tiktok dengan menggunakan aplikasi

Cara ini baru dapat digunakan jika aplikasi tambahan telah diinstal lebih dulu. Jika Anda berniat memilih cara ini maka pastikan ponsel masih memiliki ruang untuk tambahan aplikasi baru.

  1. Pergi playstore dan instal aplikasi tambahan misalnya saja Tikmate.
  2. Buka TikTok dan copy link video incaran
  3. Paste link pada aplikasi Tikmate
  4. Lalu download, maka video kan tersimpan di galeri. Kegunaan lain dari aplikasi ini juga hasil unduhan tidak mengandung watermark

Selain TikTok, ada media sosial lain bersistem privasi sama misalnya Instagram. Pengguna tidak diberi kebebasan dalam menyimpan reel atau video orang lain tanpa bantuan situs tambahan. Itulah yang menjadi alasan kenapa video TikTok tidak bisa disimpan di galeri.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply