alasan memilih divisi acara

Berbagai organisasi, perusahaan, atau komunitas pasti memiliki sebuah acara yang diadakan untuk berbagai alasan seperti mengumpulkan dana, meningkatkan hubungan sosial, memperkenalkan produk, dan banyak lagi. Namun, untuk menyukseskan sebuah acara tentunya memerlukan peran serta dari tim divisi acara yang solid dan profesional. Tim divisi acara memiliki peran penting dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi sebuah acara. Namun, mengapa kita harus memilih divisi acara sebagai pilihan karir atau pengembangan kemampuan diri? Berikut beberapa alasan yang patut dipertimbangkan.

Alasan Memilih Divisi Acara

1. Passion dalam Organisasi Acara

Sejak kecil, kita selalu dihadapkan dengan berbagai aktifitas yang berkaitan dengan acara, baik itu merencanakan ulang tahun, mengikuti lomba, atau bahkan ikut serta dalam kegiatan sekolah. Setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang selalu memerlukan planing dan pengaturan, sehingga memperlihatkan pentingnya eksistensi divisi acara. Bagi seseorang yang mempunyai passion dalam menyelenggarakan organisasi acara dari kecil kecintaannya akan terus berkembang hingga dewasa dan menjadikan divisi acara sebagai karir.

2. Tantangan dalam Menghadapi Berbagai Permasalahan

Selama persiapan acara, tim divisi acara akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan, seperti perizinan, budget, sponsor, venue, dan lain sebagainya. Divisi acara harus mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cepat, tepat, dan kreatif tanpa mengorbankan kualitas acara. Hal ini akan menjadi tantangan bagi seseorang yang suka tantangan dan kemampuan problem solving yang baik.

3. Mengasah Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi

Divisi acara mempunyai fungsi untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti sponsor, penyedia venue, artis, vendor, dan juga memfasilitasi koordinasi antar anggota tim. Oleh karena itu, seorang yang bergabung di divisi acara akan terus mengasah kemampuan komunikasinya, baik dalam bahasa lisan maupun tulisan. Selain itu, kerja tim yang solid dan harmonis juga sangat diperlukan dalam divisi acara. Kemampuan kolaborasi dan koordinasi tim sangat penting untuk memastikan acara berjalan sukses dan tertata dengan baik.

4. Mengembangkan Kreativitas dan Ide-ide Baru

Divisi acara juga memerlukan kreativitas dan ide-ide baru dalam mengadakan acara. Selama persiapan, tim divisi acara akan selalu berfikir dan mencari inovasi baru agar acara lebih menarik dan berkesan. Seorang yang memiliki pikiran inovatif akan menemukan banyak tantangan dan peluang dalam divisi acara.

5. Peluang Karir yang Menjanjikan

Divisi acara adalah bagian penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi dan mempunyai tanggung jawab besar dalam meningkatkan kualitas acara. Oleh karena itu, mereka juga menjadi bagian yang penting dalam menentukan reputasi perusahaan atau organisasi. Seorang yang memulai karirnya dari divisi acara akan memiliki peluang besar dalam mengembangkan karirnya sebagai event organizer, event manager, sponsorship manager, atau bahkan sebagai pebisnis.

6. Menjadi Bagian dari Komunitas yang Menyenangkan

Divisi acara biasanya terdiri dari orang-orang yang mempunyai kecintaan terhadap organisasi acara dan senang berkumpul serta berdiskusi mengenai ide-ide baru. Hal ini menjadikan divisi acara sebuah komunitas yang menyenangkan dan penuh dengan semangat serta kebersamaan.

7. Meningkatkan Keterampilan dalam Manajemen dan Marketing

Divisi acara mempunyai tugas untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan acara, termasuk manajemen budget, marketing, promosi, dan lain-lain. Seorang yang bergabung di divisi acara akan terus mengasah kemampuan dalam manajemen dan marketing serta mempunyai pengalaman berharga yang sangat diperlukan dalam karir di masa depan.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Divisi Acara

1. Kelebihan Memilih Divisi Acara

Memilih divisi acara sebagai karir atau pengembangan kemampuan diri merupakan pilihan yang tepat. Berikut adalah kelebihan dalam memilih divisi acara:

Kelebihan Penjelasan
Menyenangkan Komunitas dalam divisi acara menyenangkan karena selalu berdiskusi mengenai ide-ide baru dan passion dalam organisasi acara menjadi motivasi yang besar.
Peluang Karir yang Menjanjikan Divisi acara mempunyai tanggung jawab besar dalam meningkatkan kualitas acara dan reputasi perusahaan atau organisasi, sehingga peluang karir sebagai event organizer, event manager, sponsorship manager, atau bahkan sebagai pebisnis sangat terbuka lebar.
Mengembangkan Kreativitas dan Ide-ide Baru Divisi acara memerlukan kreativitas dan ide-ide baru dalam mengadakan acara, sehingga menjadi tantangan bagi seseorang yang suka tantangan dan kemampuan problem solving yang baik.
Meningkatkan Keterampilan dalam Manajemen dan Marketing Mengurus segala hal yang berkaitan dengan acara, termasuk manajemen budget, marketing, promosi, dan lain-lain akan membuat seseorang mengasah kemampuan dalam manajemen dan marketing serta mempunyai pengalaman berharga yang sangat diperlukan dalam karir di masa depan.
Menjadi Bagian dari Komunitas yang Solid dan Harmonis Kerja tim yang solid dan harmonis sangat penting untuk memastikan acara berjalan sukses dan tertata dengan baik.

2. Kekurangan Memilih Divisi Acara

Tiap pekerjaan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk divisi acara. Berikut adalah beberapa kekurangan memilih divisi acara:

Kekurangan Penjelasan
Tekanan Waktu yang Tinggi Mempersiapkan sebuah acara tidak mudah karena melibatkan banyak pihak dan segala hal harus dikerjakan dengan cepat, tepat, dan kreatif sehingga menimbulkan tekanan waktu yang tinggi.
Memerlukan Kemampuan Problem Solving yang Baik Tim divisi acara selalu dihadapkan dengan berbagai permasalahan, seperti perizinan, budget, sponsor, venue, dan lain sebagainya. Divisi acara harus mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cepat, tepat, dan kreatif tanpa mengorbankan kualitas acara.
Tidak Selalu Dapat Dinilai Berdasarkan Capaian Kegiatan yang dilakukan dalam divisi acara bersifat subjektif dan tidak selalu dapat dinilai berdasarkan capaian. Misalnya, meskipun acara sudah berjalan dengan sukses, namun bisa saja ada beberapa aspek yang kurang memuaskan bagi klien atau peserta acara sehingga menimbulkan ketidakpuasan.
Memiliki Resiko yang Tinggi Setiap acara pasti mempunyai resiko yang harus dihadapi, seperti cuaca yang tidak mendukung, pembatalan artis, atau keamanan yang kurang terjaga. Divisi acara harus mampu mengantisipasi dan menyelesaikan resiko-resiko tersebut dengan cepat dan tepat.

FAQ Mengenai Memilih Divisi Acara

1. Apa saja tugas dari tim divisi acara?

Tugas dari tim divisi acara adalah mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi sebuah acara. Mereka harus mampu mengurus perizinan, budget, sponsor, venue, dan lain sebagainya.

2. Apa yang harus dipersiapkan untuk bergabung dengan divisi acara?

Untuk bergabung dengan divisi acara, seseorang harus memiliki passion dalam organisasi acara, kemampuan problem solving yang baik, kreativitas, kemampuan komunikasi, dan kemampuan dalam manajemen dan marketing.

3. Bagaimana cara mengembangkan kemampuan dalam divisi acara?

Kemampuan dalam divisi acara dapat dikembangkan dengan selalu memperhatikan tren dan perkembangan terbaru mengenai organisasi acara, mengikuti pelatihan atau workshop, serta mengasah kemampuan dalam manajemen dan marketing.

4. Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam mengadakan acara?

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengadakan acara adalah perizinan, budget, sponsor, venue, promosi, dan juga kesiapan dalam menghadapi resiko-resiko yang mungkin terjadi.

5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kendala dalam mengadakan acara?

Jika terjadi kendala dalam mengadakan acara, divisi acara harus mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cepat, tepat, dan kreatif tanpa mengorbankan kualitas acara. Kemampuan problem solving dan improvisasi akan menjadi sangat penting dalam mengatasi kendala tersebut.

6. Bagaimana cara mengevaluasi sukses atau tidaknya sebuah acara?

Sukses atau tidaknya sebuah acara bisa dinilai berdasarkan evaluasi dari peserta acara, klien, atau pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Selain itu, dapat juga dilihat dari capaian dalam pengumpulan dana, penjualan produk, atau peningkatan hubungan sosial antar peserta.

7. Apa yang harus dilakukan setelah sebuah acara selesai dilaksanakan?

Setelah sebuah acara selesai dilaksanakan, divisi acara harus membuat evaluasi mengenai kekurangan dan kelebihan dalam acara tersebut agar dapat menjadi bahan perbaikan di masa depan. Selain itu, juga harus menyusun laporan keuangan dan laporan hasil acara untuk klien atau pihak-pihak terkait.

Kesimpulan

Bergabung dengan divisi acara merupakan pilihan yang tepat bagi seseorang yang mempunyai passion dalam organisasi acara, suka tantangan, kreatif, dan mempunyai kemampuan problem solving yang baik. Divisi acara mempunyai banyak kelebihan, seperti peluang karir yang menjanjikan, mengembangkan kreativitas dan ide-ide baru, dan meningkatkan keterampilan dalam manajemen dan marketing. Namun, tidak ada pekerjaan yang sempurna, divisi acara juga mempunyai kekurangan, seperti tekanan waktu yang tinggi, resiko yang tinggi, dan tidak selalu dapat dinilai berdasarkan capaian. Oleh karena itu, bagi seseorang yang tertarik dengan divisi acara, harus memahami segala hal mengenai divisi acara untuk mempersiapkan diri dan meminimalisir resiko.

Disclaimer

Artikel ini dibuat sebagai informasi yang menyeluruh mengenai alasan memilih divisi acara. Penulis tidak bertanggung jawab atas keputusan yang diambil oleh pembaca berdasarkan informasi yang diberikan dalam artikel ini. Semua keputusan yang diambil oleh pembaca menjadi tanggung jawab pembaca sendiri.

Leave a Comment