Contoh Surat Block Style Pemesanan Barang Dan Cara Membuatnya

Dalam artikel ini saya akan membagikan tentang Contoh Surat Block Style Pemesanan Barang dan bagaimana cara membuatnya . untuk itu silahkan baca artikel selengkapnya dan anda bisa mempraktekannya .

Dalam dunia bisnis, komunikasi yang efektif adalah kunci untuk menjaga hubungan yang baik dengan mitra, klien, dan pemasok. Salah satu bentuk komunikasi yang sering digunakan dalam konteks bisnis adalah surat pemesanan barang. Surat ini umumnya digunakan untuk melakukan pemesanan produk atau bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan. Salah satu format yang sering digunakan untuk surat pemesanan barang adalah block style. Berikut ini adalah penjelasan tentang block style serta contoh surat pemesanan barang dalam format tersebut.

Apa Itu Block Style?

Block style atau gaya blok adalah salah satu format penulisan surat yang paling sederhana dan mudah digunakan. Dalam block style, semua teks surat ditulis rata kiri (left aligned) dan setiap paragraf tidak diberi indentasi. Semua bagian surat seperti alamat, tanggal, salam pembuka, isi surat, dan tanda tangan ditulis dengan format rata kiri, memberikan tampilan yang rapi dan formal.

Struktur Surat Pemesanan Barang Block Style

  1. Kop Surat Kop surat berisi informasi tentang perusahaan pengirim, termasuk nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email.
  2. Tanggal Tanggal penulisan surat ditempatkan di bawah kop surat dengan format rata kiri.
  3. Alamat Tujuan Alamat lengkap perusahaan atau individu yang menerima surat.
  4. Salam Pembuka Salam formal seperti “Dengan hormat,”.
  5. Isi Surat Bagian ini terdiri dari beberapa paragraf:
    • Paragraf pertama biasanya menyebutkan tujuan surat.
    • Paragraf kedua dan seterusnya menjelaskan detail pesanan, seperti jenis barang, jumlah, harga, dan waktu pengiriman yang diharapkan.
  6. Penutup Penutup surat yang menyatakan harapan atau tindakan selanjutnya.
  7. Tanda Tangan Nama dan jabatan pengirim surat.

Contoh Surat Pemesanan Barang Block Style

Berikut ini adalah contoh surat pemesanan barang menggunakan format block style:


PT. Sukses Makmur Jl. Jendral Sudirman No. 123 Jakarta 10230 Telp: (021) 1234567 Email: info@suksesmakmur.com

2 Juli 2024

Kepada Yth, PT. Maju Terus Jl. Gatot Subroto No. 456 Jakarta 12930

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memesan barang-barang sebagai berikut:

  1. Produk: Kertas A4
    • Jumlah: 50 rim
    • Harga: Rp 45.000 per rim
  2. Produk: Tinta Printer
    • Jumlah: 20 kotak
    • Harga: Rp 100.000 per kotak

Kami berharap barang-barang tersebut dapat dikirimkan ke alamat kami di Jl. Jendral Sudirman No. 123, Jakarta, paling lambat pada tanggal 10 Juli 2024. Mohon sertakan faktur dan surat jalan pada saat pengiriman barang.

Pembayaran akan kami lakukan melalui transfer bank setelah barang kami terima dalam kondisi baik. Informasi rekening bank mohon disertakan pada faktur.

Demikian surat pemesanan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(tertanda)

Ahmad Susanto Manajer Pembelian PT. Sukses Makmur


Tips Menulis Surat Pemesanan Barang yang Efektif

  1. Jelas dan Rinci Pastikan semua detail pesanan dijelaskan dengan jelas, termasuk deskripsi barang, jumlah, harga, dan tanggal pengiriman yang diinginkan.
  2. Formal dan Sopan Gunakan bahasa yang formal dan sopan untuk menjaga profesionalisme.
  3. Periksa Kembali Sebelum mengirim surat, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang tercantum agar tidak ada kesalahan.
  4. Sertakan Informasi Kontak Selalu sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi jika ada pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut.

Dengan mengikuti panduan dan contoh di atas, Anda dapat membuat surat pemesanan barang yang profesional dan efektif menggunakan format block style. Surat yang baik tidak hanya memudahkan komunikasi tetapi juga membantu menjaga hubungan bisnis yang baik dengan pemasok.

Tinggalkan komentar