Siapa Pemrakarsa Didirikannya Organisasi ASEAN?

Hello Sobat Matabiovision! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ASEAN, sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara. Namun, tahukah kamu siapa yang menjadi pemrakarsa didirikannya organisasi tersebut? Yuk, mari kita simak ulasan berikut ini!

Peran Indonesia dalam Didirikannya ASEAN

Sejarah mencatat bahwa Indonesia menjadi negara yang berperan penting dalam didirikannya ASEAN. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, bahkan sudah mengajukan gagasan untuk membentuk organisasi regional di Asia Tenggara pada tahun 1955.

Namun, baru pada tahun 1967, ASEAN resmi didirikan oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kelima negara inilah yang dikenal sebagai pendiri ASEAN atau yang sering disebut dengan ASEAN-5.

Perkembangan ASEAN Setelah Didirikan

Setelah didirikan, ASEAN mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada tahun 1984, Brunei Darussalam resmi menjadi anggota keenam ASEAN. Sementara itu, Vietnam, Laos, dan Myanmar bergabung di kemudian hari, yaitu pada tahun 1995, 1997, dan 1998.

Saat ini, ASEAN terdiri dari 10 negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Tujuan Didirikannya ASEAN

ASEAN didirikan dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama ekonomi, politik, keamanan, dan sosial budaya antar negara di Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Peran ASEAN dalam Kerjasama Internasional

Selain menjalin kerjasama antar negara di Asia Tenggara, ASEAN juga aktif dalam kerjasama internasional. ASEAN menjadi anggota aktif dalam berbagai organisasi internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pasifik (APEC).

Peran ASEAN dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara. Untuk mencapai tujuan tersebut, ASEAN melakukan berbagai kegiatan, seperti membentuk ASEAN Community pada tahun 2015.

ASEAN Community dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat integrasi ekonomi, politik, sosial budaya, dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Dengan adanya ASEAN Community, diharapkan dapat tercipta kawasan yang lebih stabil dan makmur untuk seluruh rakyat ASEAN.

Penutup

Kesimpulan

ASEAN merupakan organisasi regional yang didirikan oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand pada tahun 1967. Tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk memperkuat kerjasama antar negara di Asia Tenggara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini, ASEAN terdiri dari 10 negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kamu tentang ASEAN dan siapa yang menjadi pemrakarsa didirikannya organisasi ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Comment