@Ilmu Pendikan

perbedaan abstrak dan latar belakang

auto

Pendahuluan

Banyak orang sering bingung dalam membedakan antara abstrak dan latar belakang. Kedua hal tersebut seringkali dianggap sama, padahal sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan. Pada artikel ini, akan dibahas secara detail mengenai perbedaan antara abstrak dan latar belakang dan apa kegunaannya dalam penelitian.

Sebelum membahas lebih lanjut, hal yang perlu dipahami adalah bahwa abstrak dan latar belakang adalah bagian penting dari penelitian yang harus dijelaskan secara jelas. Dalam penulisan artikel, keduanya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk memahami keduanya, perlu dipahami terlebih dahulu definisi serta kegunaannya dalam penelitian.

Definisi Abstrak dan Latar Belakang

Abstrak adalah ringkasan dari penelitian yang berisi informasi mengenai tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak biasanya ditulis pada awal artikel dan berisi informasi singkat mengenai penelitian yang dilakukan. Abstrak harus ditulis dengan singkat namun jelas dan mampu memberikan informasi dasar tentang penelitian yang dilakukan.

Sedangkan latar belakang adalah bagian dari penelitian yang berisi informasi tentang konteks atau latar belakang dari penelitian. Latar belakang menjelaskan mengapa penelitian dilakukan, urgensi penelitian, serta apa yang sudah diketahui mengenai topik tersebut. Latar belakang biasanya ditulis setelah bagian abstrak dan sebelum metodologi atau pendekatan penelitian.

Kegunaan Abstrak dan Latar Belakang

Kegunaan dari abstrak adalah memberikan gambaran singkat mengenai penelitian yang dilakukan. Abstrak digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan topik penelitian, memberikan ringskasan hasil penelitian serta menyampaikan kesimpulan dari hasil penelitian. Fungsinya sebagai panduan untuk melihat apakah penelitian tersebut relevan dengan topik yang sedang dibahas atau tidak.

Sedangkan kegunaan dari latar belakang adalah untuk memberikan penjelasan mengenai konteks penelitian. Latar belakang berguna sebagai alasan mengapa penelitian dilakukan dan apa urgensi yang terkait dengan topik tersebut. Latar belakang juga berguna sebagai informasi untuk membantu pembaca memahami topik yang dibahas serta sebagai alat bantu dalam merumuskan tujuan penelitian.

Kelebihan dan Kekurangan Abstrak

Kelebihan Abstrak

1. Memberikan gambaran singkat dan jelas mengenai penelitian.

2. Sebagai panduan untuk melihat relevansi penelitian dengan topik yang dibahas.

3. Memperkenalkan hasil penelitian serta menyampaikan kesimpulan penelitian.

Kekurangan Abstrak

1. Abstrak cenderung terlalu singkat dan terkadang tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai topik penelitian.

2. Abstrak tidak dapat menggantikan ringkasan metode dan hasil penelitian yang lebih lengkap.

3. Kesalahan dalam menyusun abstrak dapat menyebabkan pembaca menginterpretasikan hasil penelitian secara salah atau tidak lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Latar Belakang

Kelebihan Latar Belakang

1. Membantu pembaca memahami konteks atau latar belakang penelitian secara lebih mendalam.

2. Berguna sebagai informasi untuk merumuskan tujuan penelitian dan sebagai penjelasan mengapa penelitian dilakukan.

3. Mampu memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai topik penelitian.

Kekurangan Latar Belakang

1. Penulisan latar belakang yang terlalu panjang dan terlalu mendetail dapat membuat pembaca menjadi bosan dan mengabaikan bagian ini.

2. Kesalahan dalam menyusun latar belakang dapat menghasilkan penelitian yang tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas.

3. Bagian latar belakang dapat dianggap sebagai informasi tambahan yang kurang penting oleh beberapa pembaca.

Tabel Perbedaan Abstrak dan Latar Belakang

Abstrak Latar Belakang
Berisi ringkasan penelitian Berisi informasi tentang konteks atau latar belakang penelitian
Disusun setelah judul dan sebelum metodologi penelitian Disusun setelah bagian abstrak dan sebelum metodologi penelitian
Memperkenalkan topik penelitian Mendefinisikan urgensi penelitian
Memberikan ringskasan hasil penelitian serta menyampaikan kesimpulan Memberikan konteks untuk memahami topik penelitian
Singkat dan jelas Lebih detail dan lengkap

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu abstrak?

Abstrak adalah bagian dari penelitian yang berisi informasi singkat mengenai tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak berperan sebagai ringkasan penelitian dan digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan topik penelitian.

2. Apa itu latar belakang?

Latar belakang adalah bagian dari penelitian yang berisi informasi tentang konteks atau latar belakang dari penelitian. Latar belakang berguna sebagai penjelasan mengapa penelitian dilakukan, urgensi penelitian, serta apa yang sudah diketahui mengenai topik tersebut.

3. Kapan abstrak ditulis dalam penelitian?

Abstrak biasanya ditulis pada awal artikel setelah judul dan sebelum metodologi penelitian.

4. Apa kegunaan dari abstrak?

Kegunaan dari abstrak adalah memberikan gambaran singkat mengenai penelitian yang dilakukan. Abstrak berperan sebagai panduan untuk melihat apakah penelitian relevan dengan topik yang sedang dibahas atau tidak.

5. Kapan latar belakang ditulis dalam penelitian?

Latar belakang biasanya ditulis setelah bagian abstrak dan sebelum metodologi atau pendekatan penelitian.

6. Apa kegunaan dari latar belakang?

Kegunaan dari latar belakang adalah untuk memberikan penjelasan mengenai konteks penelitian. Latar belakang berguna sebagai alasan mengapa penelitian dilakukan dan apa urgensi yang terkait dengan topik tersebut. Latar belakang juga berguna sebagai informasi untuk membantu pembaca memahami topik yang dibahas serta sebagai alat bantu dalam merumuskan tujuan penelitian.

7. Apakah abstrak dan latar belakang sama?

Tidak, abstrak dan latar belakang berbeda dalam konteks dan kegunaannya dalam penelitian. Abstrak berperan sebagai ringkasan penelitian, sedangkan latar belakang berisi informasi tentang konteks atau latar belakang dari penelitian.

8. Apa saja kelebihan dari abstrak?

Kelebihan dari abstrak adalah memberikan gambaran singkat dan jelas mengenai penelitian, sebagai panduan untuk melihat relevansi penelitian dengan topik yang dibahas, dan memperkenalkan hasil penelitian serta menyampaikan kesimpulan penelitian.

9. Apa saja kekurangan dari abstrak?

Kekurangan dari abstrak adalah cenderung terlalu singkat dan terkadang tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai topik penelitian, tidak dapat menggantikan ringkasan metode dan hasil penelitian yang lebih lengkap, serta kesalahan dalam menyusun abstrak dapat menyebabkan pembaca menginterpretasikan hasil penelitian secara salah atau tidak lengkap.

10. Apa saja kelebihan dari latar belakang?

Kelebihan dari latar belakang adalah membantu pembaca memahami konteks atau latar belakang penelitian secara lebih mendalam, berguna sebagai informasi untuk merumuskan tujuan penelitian dan sebagai penjelasan mengapa penelitian dilakukan, serta mampu memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai topik penelitian.

11. Apa saja kekurangan dari latar belakang?

Kekurangan dari latar belakang adalah penulisan yang terlalu panjang dan terlalu mendetail dapat membuat pembaca menjadi bosan dan mengabaikan bagian ini, kesalahan dalam menyusun latar belakang dapat menghasilkan penelitian yang tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas, serta bagian latar belakang dapat dianggap sebagai informasi tambahan yang kurang penting oleh beberapa pembaca.

12. Apa perbedaan antara abstrak dan latar belakang?

Abstrak berperan sebagai ringkasan penelitian, sedangkan latar belakang berisi informasi tentang konteks atau latar belakang dari penelitian. Keduanya memiliki perbedaan dalam konteks dan kegunaannya dalam penelitian.

13. Apakah abstrak dan latar belakang harus ditulis dalam sebuah penelitian?

Ya, abstrak dan latar belakang adalah bagian penting dari penelitian yang harus dijelaskan secara jelas. Abstrak digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan topik penelitian, memberikan ringskasan hasil penelitian serta menyampaikan kesimpulan dari hasil penelitian. Sedangkan latar belakang berguna sebagai penjelasan mengapa penelitian dilakukan dan apa urgensi yang terkait dengan topik tersebut.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, pembaca diharapkan dapat memahami perbedaan antara abstrak dan latar belakang. Keduanya memiliki peran dan kegunaan masing-masing dalam penelitian. Abstrak berperan sebagai ringkasan penelitian dan berguna memberikan gambaran singkat mengenai penelitian yang dilakukan. Sedangkan latar belakang berguna sebagai penjelasan mengapa penelitian dilakukan serta membantu pembaca memahami konteks atau latar belakang penelitian secara lebih mendalam. Dalam penulisan artikel, baik abstrak maupun latar belakang harus ditulis secara teliti dan jelas agar pembaca dapat memahami penelitian yang dilakukan.

Untuk itu, sebagai penulis, kita harus memperhatikan pentingnya abstrak dan latar belakang yang ditulis dengan jelas dan singkat namun tetap memberikan informasi yang relevan. Dengan mengetahui perbedaan dan kegunaannya, diharapkan dapat membantu pembaca untuk lebih memahami topik penelitian yang dibahas serta meningkatkan kualitas penelitian secara keseluruhan.

Disclaimer

Artikel ini dibuat semampu dan sebaik mungkin serta ditujukan untuk tujuan informasi dan pembelajaran saja. Segala resiko dan tanggung jawab akibat penggunaan informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan atau kekurangan dalam informasi yang disampaikan dalam artikel ini.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply