@Ilmu Pendikan

pada saat mencangkok tanaman maka jaringan yang dihilangkan adalah

auto

Pengantar

Mencangkok adalah teknik yang sering digunakan dalam dunia pertanian dan kebun. Teknik ini bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki kualitas baik sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih baik pula. Di dalam teknik mencangkok, terdapat suatu proses yang harus dilakukan, yaitu menghilangkan jaringan. Namun, perlu diketahui bahwa tindakan menghilangkan jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang proses mencangkok tanaman dan jaringan apa saja yang perlu dihilangkan.

Mengenal Mencangkok Tanaman

Sebelum membahas tentang jaringan yang dihilangkan pada saat mencangkok tanaman, alangkah baiknya untuk mengenal lebih dulu teknik mencangkok tanaman. Mencangkok adalah sebuah teknik yang dilakukan dengan cara memotong sebagian cabang atau batang tanaman dan menempatkannya pada tanah yang telah disediakan. Setelah itu, cabang atau batang tersebut akan mengeluarkan akar baru dan kemudian menjadi tanaman baru yang dapat dipindahkan ke tempat lain.

Perbedaan Mencangkok dengan Stek

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknik mencangkok tanaman, perlu diketahui perbedaannya dengan teknik stek. Stek adalah teknik perbanyakan tanaman dengan cara memotong tunas atau batang tanaman dan menempatkannya pada media tanam seperti pasir atau tanah. Stek membutuhkan perawatan yang lebih teliti dibandingkan dengan mencangkok karena stek tidak memiliki akar. Oleh karena itu, teknik mencangkok lebih sering digunakan dibandingkan teknik stek.

Proses Mencangkok Tanaman

Proses mencangkok tanaman sebenarnya cukup sederhana. Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih cabang atau batang yang bagus dan sehat. Setelah itu, batang atau cabang tersebut dipotong secara mendatar dan kemudian dilukai untuk merangsang tumbuhnya akar baru. Kemudian, batang atau cabang tersebut dibungkus dengan media yang mengandung unsur hara untuk membantu pertumbuhan akar baru. Setelah sekitar 4-6 minggu, batang atau cabang tersebut akan mengeluarkan akar baru dan siap untuk dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Jaringan yang Dihilangkan pada Saat Mencangkok Tanaman

Pada saat mencangkok tanaman, jaringan yang dihilangkan adalah jaringan kambium. Kambium adalah jaringan bertanggung jawab dalam proses pertumbuhan tanaman. Jaringan ini memproduksi lignin dan selulosa yang membentuk kayu. Dalam teknik mencangkok tanaman, jaringan kambium tersebut dihilangkan untuk merangsang pertumbuhan akar baru dari batang atau cabang tanaman tersebut.

Kelebihan Mencangkok Tanaman

Proses mencangkok memiliki kelebihan yang perlu diperhatikan. Kelebihan pertama adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan tanaman baru lebih singkat dibandingkan dengan teknik perbanyakan tanaman lainnya. Selain itu, tanaman yang dihasilkan dari proses mencangkok memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Kekurangan Mencangkok Tanaman

Namun, di balik kelebihannya, teknik mencangkok juga memiliki kekurangan. Kekurangan pertama adalah tanaman yang dihasilkan dari proses mencangkok tidak dapat meniru kelebihan dari induknya. Selain itu, teknik mencangkok juga hanya cocok untuk beberapa jenis tanaman saja. Tanaman yang tumbuh dengan cepat atau tanaman yang membutuhkan waktu lama untuk mengeluarkan akar baru tidak cocok untuk teknik ini.

Tabel Informasi Pada Saat Mencangkok Tanaman

Nama Deskripsi
Mencangkok Teknik perbanyakan tanaman dengan cara memotong sebagian cabang atau batang tanaman dan menempatkannya pada tanah yang telah disediakan.
Stek Teknik perbanyakan tanaman dengan cara memotong tunas atau batang tanaman dan menempatkannya pada media tanam seperti pasir atau tanah.
Kambium Jaringan bertanggung jawab dalam proses pertumbuhan tanaman. Jaringan ini memproduksi lignin dan selulosa yang membentuk kayu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu teknik mencangkok tanaman?

Teknik mencangkok tanaman adalah cara untuk memperbanyak tanaman dengan cara memotong sebagian cabang atau batang tanaman dan menempatkannya pada tanah yang telah disediakan.

2. Apa kelebihan dari teknik mencangkok tanaman?

Salah satu kelebihan teknik mencangkok tanaman adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan tanaman baru lebih singkat dibandingkan dengan teknik perbanyakan tanaman lainnya.

3. Apa kekurangan dari teknik mencangkok tanaman?

Kekurangan teknik mencangkok adalah tanaman yang dihasilkan dari proses mencangkok tidak dapat meniru kelebihan dari induknya dan teknik mencangkok juga hanya cocok untuk beberapa jenis tanaman saja.

4. Apa jaringan yang dihilangkan pada saat mencangkok tanaman?

Jaringan yang dihilangkan pada saat mencangkok tanaman adalah jaringan kambium.

5. Mengapa jaringan kambium dihilangkan pada saat mencangkok tanaman?

Jaringan kambium dihilangkan pada saat mencangkok tanaman untuk merangsang pertumbuhan akar baru dari batang atau cabang tanaman tersebut.

6. Apa bedanya mencangkok dengan stek?

Mencangkok adalah teknik perbanyakan tanaman dengan cara memotong sebagian cabang atau batang tanaman dan menempatkannya pada tanah yang telah disediakan. Stek adalah teknik perbanyakan tanaman dengan cara memotong tunas atau batang tanaman dan menempatkannya pada media tanam seperti pasir atau tanah.

7. Apa saja jenis tanaman yang cocok untuk teknik mencangkok?

Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk teknik mencangkok adalah anggur, jambu, rambutan, dan buah naga.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan secara detail tentang teknik mencangkok tanaman dan jaringan apa saja yang perlu dihilangkan pada saat mencangkok. Selain itu, juga telah dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari teknik mencangkok tanaman. Adapun jenis tanaman yang cocok untuk teknik mencangkok adalah anggur, jambu, rambutan, dan buah naga. Dalam memilih teknik perbanyakan tanaman, perlu dipertimbangkan dengan baik kelebihan dan kekurangan dari setiap teknik untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Kata Penutup

Dalam melakukan teknik mencangkok tanaman, perlu diperhatikan dengan baik jaringan yang dihilangkan dan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan tanaman baru. Namun, jika dilakukan dengan baik, teknik mencangkok dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memperbanyak tanaman dengan cara yang efektif dan efisien, teknik mencangkok tanaman adalah pilihan yang tepat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply