mengurus skck hari sabtu

Pendahuluan

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK menjadi salah satu syarat yang penting dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, dan sebagainya. Namun, terkadang sulit bagi kita untuk mengurus SKCK pada hari kerja karena kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengurus SKCK pada hari Sabtu.

Adapun kelebihan dan kekurangan mengurus SKCK pada hari Sabtu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Kelebihan

Source: bing.com Lebih fleksibel bagi mereka yang sibuk bekerja pada hari kerja

RocketSource: bing.com Proses pengurusan SKCK pada hari Sabtu biasanya lebih cepat dari pada hari kerja

Money-With-WingsSource: bing.com Tidak perlu mengambil cuti kerja sehingga dapat menghemat biaya

Innocent-FaceSource: bing.com Lebih tenang karena tidak perlu terburu-buru dalam mengurus SKCK

Kekurangan

Cross-MarkSource: bing.com Hanya tersedia pada hari Sabtu, sehingga jika terkendala pada hari tersebut maka harus menunggu satu minggu lagi

Dollar-BanknoteSource: bing.com Biasanya ada biaya tambahan untuk pengurusan SKCK pada hari Sabtu

Broken-HeartSource: bing.com Jika terdapat kesalahan dalam pengisian formulir maka harus menunggu satu minggu lagi untuk mengurusnya

Syarat Mengurus SKCK

Sebelum mengurus SKCK, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

Syarat Keterangan
Kartu Tanda Penduduk (KTP) Membawa KTP asli dan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar
Bukti pembayaran Membawa bukti pembayaran biaya administrasi
Pas foto Membawa pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
Surat pengantar Jika mengurus SKCK untuk keperluan khusus, seperti melamar visa atau pengurusan izin kerja, maka perlu membawa surat pengantar dari instansi yang meminta

Prosedur Mengurus SKCK Hari Sabtu

Berikut adalah prosedur lengkap dalam mengurus SKCK pada hari Sabtu:

1. Melakukan Pembayaran Biaya Administrasi

Pertama-tama, calon pemohon harus melakukan pembayaran biaya administrasi yang biasanya tertera pada website resmi kepolisian. Pembayaran tersebut dapat dilakukan secara online atau langsung di kantor polisi terdekat.

2. Mengisi Formulir Pengajuan SKCK

Setelah melakukan pembayaran, calon pemohon harus mengisi formulir pengajuan SKCK yang terdapat di kantor polisi. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan jelas agar tidak terjadi kesalahan pada data yang tertera pada SKCK.

3. Mengambil Nomor Antrian

Setelah mengisi formulir, calon pemohon harus mengambil nomor antrian pada bagian pelayanan SKCK. Pastikan untuk datang lebih awal agar mendapatkan nomor antrian yang tidak terlalu lama.

4. Foto dan Fingerprint

Selanjutnya, calon pemohon harus melakukan pengambilan foto dan fingerprint. Pastikan untuk memberikan data yang valid pada saat fingerprint agar tidak terjadi kesalahan pada SKCK.

5. Verifikasi Data

Setelah melakukan pengambilan foto dan fingerprint, pihak kepolisian akan melakukan verifikasi data yang sudah diisi oleh calon pemohon pada formulir pengajuan SKCK. Pastikan untuk membawa surat pengantar jika mengurus SKCK untuk keperluan khusus.

6. Proses Cetak SKCK

Apabila data sudah diverifikasi dan tidak terdapat kesalahan pada data, maka SKCK akan diproses cetak. Pastikan untuk memeriksa kembali data pada SKCK sebelum meninggalkan kantor polisi untuk menghindari kesalahan pada data.

7. Pengambilan SKCK

Terakhir, calon pemohon dapat mengambil SKCK pada bagian pelayanan SKCK dengan membawa tanda pengambilan yang telah diberikan sebelumnya.

FAQ Mengurus SKCK pada Hari Sabtu

1. Apakah semua kantor kepolisian memberikan layanan mengurus SKCK pada hari Sabtu?

Tidak semua kantor kepolisian memberikan layanan mengurus SKCK pada hari Sabtu. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu jadwal kantor polisi terdekat.

2. Berapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk mengurus SKCK pada hari Sabtu?

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk mengurus SKCK pada hari Sabtu bergantung pada kantor kepolisian yang bersangkutan. Biasanya, biaya tambahan berkisar antara 15-25 ribu rupiah.

3. Apakah harus membawa pas foto pada saat mengurus SKCK pada hari Sabtu?

Ya, calon pemohon harus membawa pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar pada saat mengurus SKCK pada hari Sabtu.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus SKCK pada hari Sabtu?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus SKCK pada hari Sabtu biasanya lebih cepat daripada pada hari kerja. Namun, waktu yang dibutuhkan bergantung pada antrian dan proses verifikasi data yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

5. Apakah bisa mengurus SKCK pada hari Sabtu tanpa membawa KTP asli?

Tidak. Calon pemohon harus membawa KTP asli beserta fotokopi sebanyak 2 lembar pada saat mengurus SKCK pada hari Sabtu.

6. Apa yang harus dilakukan jika terdapat kesalahan pada data di SKCK?

Jika terdapat kesalahan pada data di SKCK, calon pemohon harus mengurusnya lagi pada hari lain. Oleh karena itu, pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan jelas.

7. Apakah SKCK yang dikeluarkan pada hari Sabtu berbeda dengan SKCK pada hari kerja?

Tidak, SKCK yang dikeluarkan pada hari Sabtu sama dengan SKCK yang dikeluarkan pada hari kerja. Selama data yang diisikan sudah valid dan benar, maka SKCK yang dikeluarkan tetap sah.

Kesimpulan

Writing-HandSource: bing.com Mengurus SKCK pada hari Sabtu merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang sibuk pada hari kerja. Meskipun terdapat kekurangan seperti harus menunggu satu minggu lagi jika terdapat kesalahan pada data, namun proses pengurusan SKCK pada hari Sabtu biasanya lebih cepat dan fleksibel.

ACTION ITEM

Winking-FaceSource: bing.com Yuk, jangan tunda-tunda lagi! Segera ajukan pengurusan SKCK pada hari Sabtu untuk keperluanmu. Pastikan untuk memenuhi syarat dan prosedur yang telah dijelaskan agar mengurus SKCK menjadi lebih mudah dan lancar.

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan penelusuran dan pengalaman pribadi di beberapa kantor kepolisian. Namun, informasi yang terdapat dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan masing-masing kantor kepolisian. Oleh karena itu, pembaca disarankan untuk mengecek terlebih dahulu jadwal dan persyaratan pada kantor kepolisian sebelum mengurus SKCK.

Leave a Comment