Cara Membersihkan Penyimpanan Iphone

Matabiovision.com – Apakah banyak sampah yang menumpuk di iPhone Anda? Bagian “Lainnya” pada penyimpanan iCloud Anda terus bertambah dari hari ke hari dan Anda tidak tahu cara membersihkannya? Berikut adalah beberapa langkah sederhana cara membersihkan penyimpanan iphone atau untuk menyingkirkan file yang tidak perlu di memori ponsel cerdas Anda dan membersihkan penyimpanan di iPhone Anda dengan cepat.

Bagaimana cara mengetahui berapa banyak memori bebas yang tersedia

Pertama, mari kita lihat berapa banyak ruang kosong yang tersisa di iPhone Anda.

  • Silahkan buka pengaturan telepon anda >> umum >> penyimpanan iphone
  • Selanjutnya anda akan melihat skala yang menampilkan ruang kosong penyimpanan pada iphone anda serta ruang penyimpanan yang telah terisi dengan foto , video dan juga semua file anda

Jika memori ponsel Anda lebih dari setengah penuh dan ruang paling banyak ada di bagian “Other” (ditandai dengan warna abu-abu), maka inilah saatnya untuk membersihkan penyimpanan perangkat.

Cara Membersihkan Penyimpanan Iphone

Untuk Cara Membersihkan Penyimpanan Iphone , anda perlu melakukan langkah – langkah yang akan saya bagikan di bawah ini :

1. Cara membersihkan penyimpanan iphone dengan berhenti mengunduh pembaruan iOS

Langkah pertama adalah mengoptimalkan penanganan pembaruan sistem. Apabila pembaruan firmware berikutnya keluar, smartphone secara otomatis mengunduh versi baru iOS dan menyimpannya dalam memori hingga diinstal. Jika Anda tidak peduli dengan pembaruan sistem berikutnya, cukup hapus dari memori perangkat Anda.

  • Buka pengaturan >> umum >> penyimpanan iphone
  • Jika Anda melihat “iOS dan versi” di antara program, maka pembaruan telah diunduh dan sudah menghabiskan ruang. Pilih dan klik Uninstall Update

2. Cara mengunduh aplikasi atau program yang tidak di gunakan

Cara membersihkan penyimpanan iphone adalah dengan merevisi aplikasi dan game yang terinstal sebulan sekali. Jika Anda menemukan game atau program di penyimpanan ponsel cerdas Anda yang belum pernah Anda buka selama lebih dari sebulan, Anda mungkin ingin menghapusnya.

Jika Anda tidak ingin kehilangan data Anda, tetapi Anda belum menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat membongkarnya dan menghapus sebagian besar memori perangkat Anda. Dalam hal ini, aplikasi akan muncul sebagai ikon pada ponsel cerdas Anda dan Anda dapat mengunduhnya lagi hanya dengan mengkliknya (tidak perlu mencarinya di App Store). Omong-omong, data Anda juga akan disimpan.

Langkah untuk mengunduh program adalah sebagai berikut ini :

  • Silahkan buka pengaturan telepon >> umum >> penyimpanan iphone
  • Pilih program yang diinginkan dan klik tombol “Unduh Program”. Volume yang ditempati akan berkurang beberapa kali dan perintah “Instal ulang program” akan muncul.

3. cara membersihkan penyimpanan iphone dengan membersihkan perpustakaan foto dan video

Jangan lupa tentang folder yang di baru di hapus

Saat Anda menghapus foto atau video dari iPhone, file-file tersebut pertama-tama akan berakhir di album “Baru Dihapus”. Dan sampai Anda membersihkannya, file media akan menghabiskan ruang berharga di ponsel cerdas Anda selama 30-40 hari lagi sampai dihapus secara permanen.

Untuk segera menghapus foto dan video yang tidak perlu dari penyimpanan ponsel cerdas Anda, ikuti kiat-kiat ini:

  • buka foto , kemudian album dan selanjutnya anda hapus
  • Silahkan klik pilih dan tandai file yang tidak perlu di unduh tersebut , untuk memudahkan anda . silahkan klik tombol ” hapus semuanya “

Nonaktifkan menyimpan foto asli HDR

Apabila Anda mengambil gambar dalam kualitas HDR, smartphone Anda juga menyimpan foto asli, yang menghabiskan banyak ruang. Untuk menonaktifkan fitur ini:

  • Buka “Pengaturan” → “Kamera”.
  • Matikan kotak centang “Simpan yang asli”.

Tip: Untuk menghemat ruang pada ponsel cerdas Anda, akan menguntungkan untuk menggunakan layanan cloud untuk menyimpan foto dan video Anda: iCloud Drive, Dropbox, dan lainnya. Dengan ini, Anda akan selalu memiliki akses ke file media Anda dan secara signifikan dapat membersihkan penyimpanan di iPhone Anda.

4. Tetapkan batas untuk penyimpanan konten dalam pesan dan pesan instan

Semua file media yang Anda terima melalui pesan (foto dan video) secara otomatis disimpan dalam memori smartphone Anda. Untuk memastikan bahwa pesan-pesan tersebut tidak menumpuk di penyimpanan iPhone, Anda dapat menetapkan waktu retensi untuk jenis pesan ini di “Settings”.

  • Buka “Pengaturan” → “Pesan”.
  • Temukan kolom “Pesan audio” dan pilih baris “Dalam 2 menit”.

Perhatikan bahwa semua messenger modern seperti Viber, Telegram, dan lainnya juga menyimpan file media dari pesan dan memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Untuk menonaktifkan penyimpanan konten otomatis di Telegram:

  1. Buka “Pengaturan” → “Data dan penyimpanan”.
  2. Di bidang “Pemuatan otomatis media”, matikan kotak centang – “Unduh secara otomatis” (untuk jaringan seluler dan Wi-Fi).

Untuk Viber, Anda bisa menentukan periode penyimpanan minimum untuk konten yang diunduh:

  1. Buka “Pengaturan” → “Multimedia” → “Simpan file media”
  2. Pilih periode penyimpanan konten minimum yang tersedia – 7 hari. Artinya setiap minggu semua file yang diunggah akan otomatis terhapus.

Apa itu bagian “Lainnya” dan bagaimana Cara Membersihkan Penyimpanan Iphone?

Banyak orang bertanya-tanya apa itu bagian “Other” (Lainnya) dari penyimpanan ponsel cerdas Anda dan bagaimana Anda bisa menghapusnya. Bagian ini menyimpan file sistem, pengaturan, file program yang di-cache, dll. Mari kita cari tahu cara mengosongkan ruang sebanyak mungkin di bagian ini.

 1. Mari kita mulai dengan sederhana – mulai ulang iPhone

Untuk menghapus cache pada ponsel cerdas Anda, kami sarankan untuk melakukan boot ulang dua kali sebulan. Tindakan ini akan membantu Anda menghapus file sementara dari perangkat yang menumpuk selama penggunaan dan pengunduhan konten.

2. Bersihkan cache surat dan Safari

Untuk menghapus bagian “Other” pada iPhone, ada baiknya menghapus file sementara dari klien email dan browser Anda. Jika Anda menyimpan halaman ke daftar bacaan Anda di Safari (sehingga Anda bisa membukanya tanpa mengakses internet), masuk akal untuk secara berkala menghapus kumpulan halaman itu.

  • Ketuk Pengaturan → Umum → Penyimpanan iPhone → Safari.
  • Pertama, klik tombol “Hapus riwayat dan data situs”.
  • Kemudian matikan kotak centang “Simpan otomatis offline”, jika dihidupkan.

3. Hapus konten aplikasi offline

Untuk menyingkirkan file aplikasi Mail yang di-cache, Anda harus menghapus program sepenuhnya dan menginstalnya lagi. Jika tidak, bahkan setelah menghapus semua email, file tersembunyi dari aplikasi akan tetap ada dan menghabiskan ruang di penyimpanan iPhone.

  1. Jangan mengunduh musik ke iPhone.

Jika Anda masih mengunduh musik ke ponsel cerdas Anda, inilah saatnya untuk melihat lebih dekat layanan musik – Apple Music atau Yandex. Musik. Mereka memungkinkan Anda mendengarkan jutaan lagu secara online tanpa mengunduhnya ke perangkat Anda atau menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga pada perangkat Anda.

Dan jika Anda sudah menggunakan layanan musik streaming, Anda mungkin ingin memeriksa apakah Anda sudah mengunduh lagu dari layanan tersebut, sehingga Anda bisa mendengarkannya tanpa koneksi internet. Trek-trek ini juga menghabiskan ruang di memori iPhone Anda dan mungkin sudah waktunya untuk menghapusnya.

  1. Menghapus peta offline.

Banyak aplikasi navigasi – Yandex.Navigator, Google Maps, Maps.me dan lainnya – menawarkan untuk mengunduh peta lokasi sehingga Anda dapat menavigasi tanpa akses ke Internet. Untuk bepergian, fitur ini sangat diperlukan, tetapi jika Anda sudah kembali ke wi-fi asli dan ponsel 4G lokal Anda, mungkin ada baiknya Anda mengosongkan ruang penyimpanan pada perangkat Anda dan menghapus peta offline? Khususnya, karena mereka memerlukan pembaruan yang konstan dan menghabiskan lebih banyak ruang setiap kali.

4. Tidak membantu? Kami menggunakan metode pembersihan hardcore

Jika tidak ada tips di atas yang membantu Anda dan partisi “Other” di penyimpanan iPhone masih belum menyusut, Anda dapat menggunakan metode radikal.

  1. Pulihkan sistem Anda dari cadangan.

Ketika iPhone Anda mencadangkan data untuk cadangan, itu tidak memperhitungkan program sementara dan file aplikasi. Oleh karena itu, jika Anda memulihkan versi sistem sebelumnya, ada kemungkinan besar bahwa partisi “Other” akan secara otomatis diperkecil ukurannya.

  1. Setel ulang iPhone ke pengaturan pabrik.

Mari kita mulai dengan opsi sederhana:

  • Buka Pengaturan → Umum → Atur Ulang.
  • Pilih Atur Ulang Semua Pengaturan.

Dengan opsi ini, aplikasi dan datanya akan disimpan dan file sementara dan cache akan dihapus. Prosedur ini adalah cara membersihkan penyimpanan iphone tentunya dapat membantu menghapus memori ponsel Anda.

Jika semua manipulasi dengan mengosongkan bagian “Other” sia-sia, Anda dapat mengatur ulang smartphone ke pengaturan pabrik. Dalam hal ini, membersihkan penyimpanan pada iPhone akan sangat efektif, tetapi semua aplikasi harus diinstal ulang.

  • Buka Pengaturan → Umum → Atur Ulang.
  • Pilih perintah “Hapus konten dan pengaturan”.

Memiliki Mac atau iMac? Mulai dari mempelajari cara cepat mengatur Apple ID, iCloud, dan layanan Mac lainnya hingga menjaga keamanan data pengguna, mengoptimalkan penyimpanan iCloud, dan lainnya, dalam 8 langkah mudah, kami telah menyusun maraton online yang memandu Anda cara mengonfigurasi layanan yang paling berguna di Mac Anda.

Tinggalkan komentar