@Ilmu Pendikan

apa perbedaan they dan them

auto

Pendahuluan

Mengetahui perbedaan penggunaan they dan them dalam bahasa Inggris seringkali menjadi hal yang membingungkan bagi banyak orang. Karena keduanya memiliki arti yang mirip dan terkadang bisa digunakan secara bergantian. Namun, penggunaan yang salah dapat menghasilkan kalimat yang salah dan membingungkan. Maka dari itu, kami membuat artikel ini untuk membantu Anda memahami perbedaan penggunaan they dan them secara jelas dan tepat.

Artikel ini akan membahas beberapa hal, seperti pengertian dari they dan them, perbedaan mendasar antara keduanya, contoh penggunaan, serta beberapa tips dan trik untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan keduanya.

Jadi, mari kita mulai dengan mengetahui pengertian dari they dan them.

Pengertian They dan Them

They dan them adalah kata ganti jamak yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda lebih dari satu. Kata ganti jamak ini biasanya digunakan ketika kita tidak ingin mengulang kata-nama tersebut berkali-kali dalam kalimat atau paragraf yang sama.

Misalnya, jika kita ingin menggantikan kata “orang tua” dalam kalimat: “Orang tua saya sangat baik dan selalu mendukung saya”, kita bisa menggunakan kata ganti jamak “mereka”, sehingga kalimat tersebut menjadi: “Mereka sangat baik dan selalu mendukung saya.”

The dan them juga dapat digunakan untuk menggantikan benda lebih dari satu. Misalnya, jika kita ingin menggantikan kata “buku” dalam kalimat: “Buku-buku tersebut sangat bermanfaat untuk pekerjaan saya”, kita bisa menggunakan kata ganti jamak “mereka”, sehingga kalimat tersebut menjadi: “Mereka sangat bermanfaat untuk pekerjaan saya.”

Sekarang kita telah mengetahui pengertian dari they dan them, namun apa perbedaan mendasar antara keduanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan They dan Them

Perbedaan mendasar antara they dan them adalah bahwa they digunakan sebagai subjek dalam kalimat, sedangkan them digunakan sebagai objek.

Subjek dalam kalimat adalah orang atau benda yang melakukan tindakan atau dijelaskan dalam kalimat tersebut. Sedangkan objek adalah orang atau benda yang menerima tindakan atau dijelaskan dalam kalimat tersebut.

Karena they digunakan sebagai subjek, maka kata kerja yang digunakan setelah they harus dalam bentuk kata kerja tunggal. Sedangkan them digunakan sebagai objek, maka kata kerja yang digunakan setelah them harus dalam bentuk kata kerja jamak.

Contohnya:

Kata Ganti Subjek Objek
They They are going to the party. The party is for them.
Them He is going with them. They invited him to go with them.

Kesalahan yang Sering Terjadi

Meskipun penggunaan they dan them terlihat sederhana, namun masih banyak kesalahan yang terjadi, terutama pada orang yang baru belajar bahasa Inggris. Beberapa kesalahan tersebut meliputi:

  • Menggunakan they atau them secara bergantian tanpa memperhatikan posisi subjek atau objek dalam kalimat.
  • Menggunakan kata kerja jamak setelah they atau kata kerja tunggal setelah them.
  • Menggunakan kata ganti jamak ketika seharusnya menggunakan kata ganti tunggal atau sebaliknya.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, berikut tips dan trik yang dapat Anda gunakan:

Tips dan Trik Menggunakan They dan Them dengan Benar

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda menggunakan they dan them dengan benar:

  • Pahami perbedaan mendasar antara they dan them.
  • Perhatikan posisi subjek atau objek dalam kalimat.
  • Gunakan kata kerja tunggal setelah they dan kata kerja jamak setelah them.
  • Perhatikan jenis kata benda yang digunakan dalam kalimat. Jika kata benda tersebut jamak, maka gunakan they atau them.
  • Jangan menggunakan they atau them untuk menggantikan kata benda tunggal atau orang tunggal.
  • Baca dan pelajari contoh-contoh penggunaan they dan them.
  • Aktif berlatih menggunakan they dan them dalam berbagai kalimat untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Anda.

Setelah memahami tips dan trik tersebut, sekarang kita akan melihat beberapa contoh penggunaan they dan them dalam kalimat.

Contoh Penggunaan They dan Them

Berikut beberapa contoh penggunaan they dan them dalam kalimat:

  • They love chocolate.
  • He bought them a gift.
  • She is meeting them later.
  • They are going to the movies.
  • I can’t find them anywhere.
  • They are going to the beach this weekend.
  • He invited them to his birthday party.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang perbedaan they dan them:

1. Apa perbedaan mendasar antara they dan them?

Jawaban: They digunakan sebagai subjek dalam kalimat, sedangkan them digunakan sebagai objek.

2. Kapan sebaiknya menggunakan they dan kapan sebaiknya menggunakan them?

Jawaban: Gunakan they sebagai subjek dalam kalimat dan them sebagai objek.

3. Apa contoh penggunaan they?

Jawaban: They love pizza.

4. Apa contoh penggunaan them?

Jawaban: He is giving them a ride to the airport.

5. Apa akibatnya jika salah menggunakan they atau them dalam kalimat?

Jawaban: Kalimat menjadi tidak gramatikal dan membingungkan.

6. Bisakah saya menggunakan they atau them untuk menggantikan kata benda tunggal?

Jawaban: Tidak, they dan them hanya digunakan untuk menggantikan kata benda jamak atau orang dalam jumlah lebih dari satu.

7. Apa tips untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan they dan them?

Jawaban: Pahami perbedaan mendasar antara kedua kata ganti tersebut, perhatikan posisi subjek atau objek dalam kalimat, gunakan kata kerja tunggal setelah they dan kata kerja jamak setelah them, dan baca dan pelajari contoh-contoh penggunaan mereka.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita telah belajar tentang perbedaan mendasar antara they dan them, serta bagaimana menggunakannya dengan benar. Dalam bahasa Inggris, penggunaan kedua kata ganti ini memiliki perbedaan yang subtansial, sehingga penting untuk mempelajarinya dengan seksama agar kita dapat menghindari kesalahan dalam penggunaannya.

Jika masih ada kesulitan atau pertanyaan tentang penggunaan they dan them, Anda dapat terus mempelajarinya dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.

Penutup

Artikel ini disusun untuk membantu Anda memahami perbedaan antara they dan them dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, terutama dalam hal tata bahasa dan penggunaan kata ganti jamak. Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih sehingga Anda dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami dalam mengajar bahasa Inggris. Kami tidak menjamin bahwa artikel ini sepenuhnya benar dan akurat, serta tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerugian yang mungkin terjadi akibat penggunaan artikel ini. Kami menyarankan untuk selalu melakukan pengecekan dan verifikasi informasi sebelum menggunakannya.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply