@Ilmu Pendikan

target oriented adalah

auto

Pengantar

Dalam dunia bisnis, mencapai tujuan menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu strategi yang banyak digunakan adalah target oriented. Target oriented adalah suatu metode yang memberikan fokus pada pencapaian tujuan dengan cara membuat target yang spesifik dan terukur. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang target oriented, mulai dari kelebihan dan kekurangan hingga cara mengimplementasikannya dalam perusahaan.

Definisi Target Oriented

Target oriented adalah suatu metode yang bertujuan untuk mencapai tujuan dengan cara membuat target yang spesifik dan terukur. Dalam penerapannya, perusahaan membuat target yang harus dicapai oleh karyawan atau departemen tertentu dengan tujuan meningkatkan efektivitas dalam mencapai tujuan bisnis. Target oriented merupakan suatu pendekatan yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas.🎯

Sejarah dan Asal Usul Target Oriented

Pendekatan target oriented pertama kali ditemukan oleh Peter Drucker pada tahun 1954 dalam salah satu bukunya yang berjudul “The Practice of Management”. Peter Drucker adalah seorang ahli manajemen yang terkenal dengan karyanya tentang manajemen bisnis. Dalam bukunya, ia mengemukakan bahwa manajer harus fokus pada pencapaian tujuan dengan cara membuat target yang spesifik dan terukur. Sejak saat itu, target oriented menjadi salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam manajemen bisnis.

Perbedaan Target Oriented dan Non-Target Oriented

Pendekatan non-target oriented adalah suatu metode yang tidak menggunakan target yang spesifik dan terukur dalam mencapai tujuan. Dalam penerapannya, perusahaan hanya memberikan tujuan umum tanpa target yang jelas dan terukur. Sedangkan pendekatan target oriented menggunakan target yang spesifik dan terukur sebagai acuan dalam mencapai tujuan. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih fokus dalam meraih tujuan dengan cara yang lebih efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Target Oriented

Kelebihan Target Oriented

1. Fokus pada tujuan yang spesifik dan terukurTarget oriented membantu perusahaan untuk lebih fokus pada pencapaian tujuan yang spesifik dan terukur. Dengan target yang spesifik, perusahaan dapat mengetahui secara pasti apa yang harus dicapai dan bagaimana mencapainya.2. Penilaian kinerja yang lebih akuratDalam penerapannya, target oriented dilengkapi dengan evaluasi kinerja yang terukur. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui apakah target yang sudah ditentukan berhasil dicapai atau tidak.3. Meningkatkan motivasi karyawanDalam target oriented, karyawan diberikan target yang spesifik dan terukur. Hal ini dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk mencapai target tersebut karena mereka tahu secara pasti apa yang harus dilakukan.4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitasDalam penerapannya, target oriented membantu perusahaan untuk lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan. Dengan target yang spesifik dan terukur, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik.

Kekurangan Target Oriented

1. Berpotensi menyebabkan tekanan yang tinggiTarget oriented dapat menyebabkan tekanan yang tinggi pada karyawan untuk mencapai target tertentu. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan atau stres pada karyawan.2. Tidak melihat aspek kualitasDalam target oriented, perusahaan hanya fokus pada pencapaian target yang spesifik dan terukur. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan mengorbankan aspek kualitas dalam mencapai target.3. Mengabaikan faktor eksternalDalam penerapannya, target oriented cenderung mengabaikan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan kehilangan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan lingkungan.

Cara Mengimplementasikan Target Oriented dalam Perusahaan

1. Tentukan tujuan bisnis yang ingin dicapaiLangkah pertama dalam mengimplementasikan target oriented adalah dengan menentukan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Tujuan tersebut harus spesifik, terukur, dan realistis.2. Buat target yang spesifik dan terukurSetelah menentukan tujuan bisnis, selanjutnya buat target yang spesifik dan terukur untuk mencapai tujuan tersebut. Target tersebut harus realistis dan dapat dicapai oleh karyawan atau departemen tertentu.3. Evaluasi kinerja secara berkalaDalam penerapannya, target oriented harus dilengkapi dengan evaluasi kinerja yang terukur. Evaluasi tersebut dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah target yang sudah ditentukan berhasil dicapai atau tidak.4. Berikan reward dan punishmentDalam penerapannya, target oriented dapat dilengkapi dengan sistem reward dan punishment. Hal ini dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

Tabel Target Oriented

Definisi Kelebihan Kekurangan
Metode untuk mencapai tujuan Fokus pada tujuan yang spesifik dan terukur Berpotensi menyebabkan tekanan yang tinggi pada karyawan
Penilaian kinerja yang lebih akurat Tidak melihat aspek kualitas
Meningkatkan motivasi karyawan Mengabaikan faktor eksternal
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

FAQ tentang Target Oriented

Apa itu target oriented?

Target oriented adalah suatu metode yang bertujuan untuk mencapai tujuan dengan cara membuat target yang spesifik dan terukur.

Apa yang dimaksud dengan target yang spesifik dan terukur?

Target yang spesifik dan terukur merupakan target yang ditentukan secara jelas dan dapat diukur pencapaiannya.

Bagaimana cara mengimplementasikan target oriented dalam perusahaan?

Cara mengimplementasikan target oriented dalam perusahaan dapat dilakukan dengan menentukan tujuan bisnis yang ingin dicapai, membuat target yang spesifik dan terukur, melakukan evaluasi kinerja secara berkala, dan memberikan reward dan punishment.

Apa kelebihan dari target oriented?

Kelebihan dari target oriented antara lain fokus pada tujuan yang spesifik dan terukur, penilaian kinerja yang lebih akurat, meningkatkan motivasi karyawan, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Apa kekurangan dari target oriented?

Kekurangan dari target oriented antara lain berpotensi menyebabkan tekanan yang tinggi pada karyawan, tidak melihat aspek kualitas, dan mengabaikan faktor eksternal.

Bagaimana cara mengatasi kekurangan dari target oriented?

Cara mengatasi kekurangan dari target oriented dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek kualitas selain target, mengambil faktor eksternal ke dalam pertimbangan, dan mengurangi tekanan pada karyawan.

Apakah target oriented dapat diaplikasikan pada semua jenis perusahaan?

Ya, target oriented dapat diaplikasikan pada semua jenis perusahaan.

Apakah target oriented dapat menghambat kreativitas karyawan?

Ya, target oriented dapat menghambat kreativitas karyawan karena karyawan cenderung fokus pada pencapaian target yang sudah ditetapkan.

Bagaimana cara menentukan target yang realistis dalam target oriented?

Cara menentukan target yang realistis adalah dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang terkait dengan lingkungan perusahaan dan sumber daya yang tersedia.

Apa pengaruh target oriented terhadap keputusan manajemen?

Target oriented dapat membantu manajemen untuk membuat keputusan yang lebih efektif dan efisien karena manajemen dapat mempertimbangkan pencapaian target dalam membuat keputusan.

Apakah target oriented dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan?

Ya, target oriented dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan karena perusahaan fokus pada pencapaian tujuan yang dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan.

Apakah target oriented dapat digunakan sebagai alat motivasi karyawan?

Ya, target oriented dapat digunakan sebagai alat motivasi karyawan karena karyawan memiliki target yang spesifik dan terukur yang dapat meningkatkan motivasi untuk mencapai target tersebut.

Bagaimana cara mengukur keberhasilan target oriented?

Keberhasilan target oriented dapat diukur melalui evaluasi kinerja yang terukur dan mengevaluasi pencapaian target yang sudah ditentukan.

Apakah target oriented dapat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan?

Ya, target oriented dapat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan karena perusahaan fokus pada pencapaian tujuan yang spesifik dan terukur.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, mencapai tujuan menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan. Target oriented adalah suatu metode yang memberikan fokus pada pencapaian tujuan dengan cara membuat target yang spesifik dan terukur. Target oriented memiliki kelebihan seperti fokus pada tujuan yang spesifik dan terukur, penilaian kinerja yang lebih akurat, meningkatkan motivasi karyawan, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Namun, target oriented juga memiliki kekurangan seperti berpotensi menyebabkan tekanan yang tinggi pada karyawan, tidak melihat aspek kualitas, dan mengabaikan faktor eksternal. Dalam mengimplementasikan target oriented, perusahaan harus dapat menentukan tujuan bisnis yang spesifik dan terukur, membuat target yang realistis, melakukan evaluasi kinerja secara berkala, dan memberikan reward dan punishment. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam mencapai tujuan bisnis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan mewakili pandangan perusahaan manapun. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan yang diambil berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply