perbedaan mobilitas antargenerasi dan intragenerasi

Pengantar

Mobilitas sosial adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk bergerak naik atau turun pada hierarki sosial. Mobilitas terbagi menjadi dua jenis yaitu mobilitas antargenerasi dan intragenerasi. Mobilitas antargenerasi adalah pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial antara generasi yang berbeda. Sedangkan mobilitas intragenerasi adalah pergerakan sosial vertikal atau horizontal dalam rentang waktu yang sama di dalam suatu generasi.Mobilitas sosial merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat karena dapat mempengaruhi status sosial individu ataupun kelompok yang diwakilinya. Dalam artikel ini, akan dibahas perbedaan mobilitas antargenerasi dan intragenerasi beserta kelebihan dan kekurangannya.

Perbedaan Mobilitas Antargenerasi dan Intragenerasi

Mobilitas antargenerasi terjadi ketika seseorang atau kelompok bergerak naik atau turun pada hierarki sosial antara generasi yang berbeda. Contohnya, seseorang yang lahir dari keluarga miskin dan memperoleh pendidikan yang baik, kemudian menjadi sukses dalam karirnya dan naik ke kelas sosial yang lebih tinggi daripada orang tuanya. Namun, jika seseorang yang telah lahir dari keluarga kaya dan memiliki banyak akses ke pendidikan dan peluang, kemudian berhasil mencapai kesuksesan dalam karirnya, maka hal ini tidak dianggap sebagai mobilitas antargenerasi.Sementara itu, mobilitas intragenerasi terjadi ketika seseorang atau kelompok bergerak naik atau turun dalam hierarki sosial dalam rentang waktu yang sama di dalam suatu generasi. Contohnya, seseorang yang lahir dan besar di lingkungan yang kurang mampu, kemudian memiliki kesempatan untuk belajar dan memperoleh gelar sekolah yang tinggi, sehingga memungkinkan dia untuk bekerja di pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi dan naik ke kelas sosial yang lebih tinggi dalam generasinya.Tabel berikut memuat perbedaan antara mobilitas antargenerasi dan intragenerasi secara lengkap:

Perbedaan Mobilitas Antargenerasi Mobilitas Intragenerasi
Definisi Pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial antara generasi yang berbeda Pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial dalam rentang waktu yang sama di dalam suatu generasi
Tujuan Untuk meningkatkan status sosial kelompok atau individu Untuk meningkatkan status sosial individu atau kelompok dalam suatu generasi
Pengaruh Dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perbedaan pendidikan, pekerjaan, dan sumber daya Dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti keterampilan, peluang, dan persaingan
Karakteristik Mendorong perubahan sosial dan ekonomi secara signifikan Memperhatikan perubahan sosial dan ekonomi yang relatif kecil
Keberhasilan Lebih jarang terjadi dibandingkan dengan mobilitas intragenerasi Lebih sering terjadi dibandingkan dengan mobilitas antargenerasi
Peluang Tergantung pada faktor-faktor sosial ekonomi dan politik Tergantung pada keterampilan, kompetensi, dan peluang yang tersedia
Contoh Seseorang yang lahir dari keluarga miskin dan kemudian berhasil mencapai kesuksesan dalam karirnya Seseorang yang berhasil mendapatkan pendidikan tinggi dan kemudian naik ke kelas sosial yang lebih tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Mobilitas Antargenerasi dan Intragenerasi

1. Mobilitas antargenerasi dapat membawa perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat. Namun, prosesnya terbilang sulit dan terjadi lebih jarang dibandingkan dengan mobilitas intragenerasi.2. Mobilitas intragenerasi lebih sering terjadi dibandingkan dengan mobilitas antargenerasi dan dapat memperbaiki status sosial individu secara signifikan dalam generasinya.3. Mobilitas antargenerasi dapat memperburuk kondisi sosial kelompok tertentu yang tidak memiliki akses yang sama ke sumber daya sosial, ekonomi, dan politik. Hal ini dapat terjadi jika kelompok tersebut tidak mampu meraih kesempatan yang sama seperti kelompok lainnya.4. Mobilitas intragenerasi dapat memperburuk kesenjangan sosial karena individu mungkin tidak tergolong dalam kelompok yang sama di dalam rentang waktu yang sama.5. Mobilitas antargenerasi terkadang memerlukan keterampilan atau sumber daya yang tidak tersedia bagi sebagian besar orang. Hal ini dapat merugikan kelompok yang kurang mampu secara ekonomi.6. Mobilitas intragenerasi dapat terhambat oleh faktor-faktor seperti keterbatasan akses ke pendidikan atau peluang pekerjaan, yang dapat merugikan individu yang memiliki potensi untuk naik di hierarki sosial.7. Mobilitas antargenerasi dapat menciptakan sosialisasi generasi yang berbeda, sehingga menghasilkan perbedaan dalam norma dan nilai yang dipegang oleh kelompok generasi yang berbeda.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan mobilitas sosial?

Mobilitas sosial adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk bergerak naik atau turun pada hierarki sosial.

2. Apa itu mobilitas antargenerasi?

Mobilitas antargenerasi adalah pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial antara generasi yang berbeda.

3. Apa itu mobilitas intragenerasi?

Mobilitas intragenerasi adalah pergerakan naik atau turun dalam hierarki sosial dalam rentang waktu yang sama di dalam suatu generasi.

4. Apa perbedaan antara mobilitas antargenerasi dan intragenerasi?

Perbedaan utama antara mobilitas antargenerasi dan intragenerasi adalah pada waktu pergerakan sosialnya. Mobilitas antargenerasi terjadi antara dua generasi yang berbeda, sedangkan mobilitas intragenerasi terjadi di dalam satu generasi dalam rentang waktu yang sama.

5. Apa keuntungan dari mobilitas sosial?

Mobilitas sosial dapat meningkatkan status sosial individu atau kelompok serta membawa perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat.

6. Apakah mobilitas sosial selalu membawa keuntungan?

Tidak selalu. Mobilitas sosial dapat memperburuk kondisi sosial kelompok tertentu yang tidak memiliki akses yang sama ke sumber daya sosial, ekonomi, dan politik.

7. Apa faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial?

Faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial antara lain pendidikan, keterampilan, peluang, persaingan, sumber daya sosial, ekonomi, dan politik.

8. Apa peran pendidikan dalam mobilitas sosial?

Pendidikan dapat membuka akses ke peluang dan keterampilan yang dapat membantu individu atau kelompok meningkatkan status sosial mereka.

9. Bagaimana mobilitas sosial mempengaruhi masyarakat?

Mobilitas sosial dapat membawa perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat serta memperbaiki status sosial individu dalam generasinya.

10. Bagaimana faktor sosial ekonomi mempengaruhi mobilitas sosial?

Faktor sosial ekonomi seperti keterbatasan akses ke pendidikan atau pekerjaan dapat menjadi hambatan bagi individu yang memiliki potensi untuk naik di hierarki sosial.

11. Apa dampak dari kesenjangan sosial pada mobilitas sosial?

Kesenjangan sosial dapat memperburuk mobilitas sosial karena individu mungkin tidak tergolong dalam kelompok yang sama di dalam rentang waktu yang sama.

12. Apa dampak dari perbedaan norma dan nilai yang terjadi dari mobilitas antargenerasi?

Perbedaan norma dan nilai yang terjadi dari mobilitas antargenerasi dapat menciptakan sosialisasi generasi yang berbeda.

13. Siapa yang lebih mudah mencapai mobilitas sosial, individu dari keluarga miskin atau kaya?

Individu dari keluarga kaya lebih mudah mencapai mobilitas sosial karena mereka memiliki akses yang lebih besar ke sumber daya sosial, ekonomi, dan politik.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mobilitas sosial terbagi menjadi dua jenis yaitu mobilitas antargenerasi dan intragenerasi. Mobilitas antargenerasi terjadi antara dua generasi yang berbeda, sedangkan mobilitas intragenerasi terjadi di dalam satu generasi dalam rentang waktu yang sama. Walaupun mobilitas sosial dapat meningkatkan status sosial individu atau kelompok serta membawa perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat, namun ada kekurangan seperti adanya kesenjangan sosial dan keterbatasan akses ke sumber daya sosial dan ekonomi yang dapat memperburuk kondisi sosial kelompok tertentu. Namun, pendidikan dapat membuka akses ke peluang dan keterampilan yang dapat membantu individu atau kelompok meningkatkan status sosial mereka.

Kata Penutup

Artikel ini merupakan pembahasan tentang perbedaan mobilitas antargenerasi dan intragenerasi. Pembahasan di atas dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih lengkap mengenai mobilitas sosial dan bagaimana perbedaan antara mobilitas antargenerasi dan intragenerasi dapat mempengaruhi kondisi sosial dalam masyarakat. Namun, penulis juga menyadari bahwa pembahasan ini tidak mencakup semua aspek dan permasalahan dalam mobilitas sosial. Penulis mengharapkan bahwa artikel ini dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pembaca dan memotivasi untuk lebih mempelajari topik yang lebih mendalam tentang mobilitas sosial.

Tinggalkan komentar