kalori onigiri

Jajaran makanan khas Jepang cukup terkenal di seluruh dunia. Salah satu makanan yang sering dijumpai adalah onigiri. Olahan nasi yang dibalut dengan rumput laut ini bisa diisi dengan berbagai macam lauk. Meskipun rasanya nikmat, namun tak sedikit yang meragukan kandungan kalorinya. Artikel ini akan membahas seputar kalori onigiri, kelebihan, kekurangan hingga informasi lengkap terkait makanan khas Jepang ini.

Apakah Onigiri Mengandung Banyak Kalori?

Contents show

Onigiri memang dibuat dari nasi yang menjadi salah satu bahan makanan yang dapat mengendalikan berat badan. Meskipun begitu, jenis lauk yang diisi pada onigiri bisa membuat jumlah kalorinya berbeda-beda. Beberapa lauk yang biasa diisi pada onigiri seperti ikan asin, salmon, atau bahkan berbagai jenis daging dapat meningkatkan jumlah kalori di dalamnya.

Jenis Onigiri Kalori
Onigiri Isi Tuna 160 kalori
Onigiri Isi Ayam 190 kalori
Onigiri Isi Salmon 200 kalori
Onigiri Isi Teri 140 kalori

Dari tabel di atas, terlihat bahwa onigiri berisi salmon memiliki jumlah kalori tertinggi dengan 200 kalori. Namun, jumlah kalori pada onigiri masih masuk akal dan dapat diterima jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Kelebihan Kalori Onigiri

Mudah Disiapkan

Onigiri memiliki cara penyajian yang sangat mudah. Kita hanya perlu mengambil sejumput nasi, menambahkan lauk dan membungkusnya dengan nori. Proses tersebut dapat dilakukan dengan sangat cepat dan mudah, sehingga onigiri menjadi salah satu pilihan makanan praktis yang cocok bagi orang yang sibuk.

Banyak Variasi Isian

Onigiri juga memiliki banyak variasi isi yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Beberapa variasi isian yang umum di antaranya adalah ikan asin, salmon, teri, tuna, ayam, dan bahkan omelet. Dengan banyaknya variasi isian, kita dapat memilih onigiri sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi harian.

Memberikan Energi yang Cepat

Karena terbuat dari nasi, onigiri merupakan sumber karbohidrat yang baik dan dapat memberikan energi yang cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan energi ekstra seperti atlet, pekerja keras, atau pelajar yang sedang menghadapi ujian.

Cocok Sebagai Bekal

Onigiri juga sangat cocok sebagai bekal untuk dibawa ke kantor atau sekolah. Karena onigiri dibuat dengan cara yang sederhana, maka penyajian dan pengemasannya juga sangat mudah. Selain itu, onigiri juga memiliki bentuk yang kompak sehingga mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.

Tidak Mengandung Lemak Trans

Onigiri tidak mengandung lemak trans yang dapat memicu kenaikan berat badan dan berbagai macam penyakit berbahaya. Onigiri juga mengandung sedikit gula dan garam, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Mudah Didapatkan

Onigiri dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko makanan khas Jepang ataupun di supermarket. Kita juga dapat membuat onigiri sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Dengan mudahnya mendapatkan onigiri, maka onigiri menjadi salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Murah

Onigiri termasuk makanan yang cukup murah dan terjangkau. Harga onigiri dapat berbeda-beda tergantung pada jenis lauk yang diisi di dalamnya. Namun, secara umum onigiri tergolong murah dan menjadi pilihan makanan yang cocok untuk orang dengan budget terbatas.

Kekurangan Kalori Onigiri

Tidak Memberikan Nutrisi yang Beragam

Onigiri memiliki kandungan nutrisi yang terbatas dan tidak sebanyak pada makanan lain seperti sayur dan buah-buahan. Oleh karena itu, onigiri tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang kita butuhkan setiap harinya.

Mengandung Kadar Sodium yang Cukup Tinggi

Onigiri mengandung kadar sodium yang cukup tinggi. Jumlah sodium yang berlebihan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti hipertensi, gagal jantung, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, perlu dijaga konsumsi onigiri pada jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Onigiri Dapat Menimbulkan Penyakit Berbahaya

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, onigiri dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kenaikan berat badan, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, perlu dijaga konsumsi onigiri pada jumlah yang tepat dan seimbang.

Tidak Cocok Bagi Orang dengan Alergi Terhadap Glutten

Onigiri terbuat dari nasi yang mengandung gluten. Oleh karena itu, onigiri tidak cocok bagi orang yang memiliki alergi terhadap gluten.

Tabel Informasi Nutrisi Kalori Onigiri

Jenis Onigiri Kalori Karbohidrat Protein Lemak
Onigiri Isi Tuna 160 kalori 35 gram 8 gram 1 gram
Onigiri Isi Ayam 190 kalori 42 gram 10 gram 2 gram
Onigiri Isi Salmon 200 kalori 45 gram 12 gram 3 gram
Onigiri Isi Teri 140 kalori 32 gram 6 gram 0,5 gram

FAQ Tentang Kalori Onigiri

Apa saja variasi isian yang tersedia pada onigiri?

Beberapa variasi isian yang umum di antaranya adalah ikan asin, salmon, teri, tuna, ayam, dan bahkan omelet.

Apakah onigiri mengandung cukup nutrisi untuk memenuhi kebutuhan harian?

Onigiri memiliki kandungan nutrisi yang terbatas dan tidak sebanyak pada makanan lain seperti sayur dan buah-buahan. Oleh karena itu, onigiri tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang kita butuhkan setiap harinya.

Apakah onigiri dapat membuat berat badan naik?

Jumlah kalori pada onigiri masih masuk akal dan dapat diterima jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, onigiri dapat menimbulkan kenaikan berat badan.

Apakah onigiri cocok untuk orang yang ingin diet?

Onigiri memang dibuat dari nasi yang menjadi salah satu bahan makanan yang dapat mengendalikan berat badan. Namun, jenis lauk yang diisi pada onigiri bisa membuat jumlah kalorinya berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi onigiri jika sedang dalam program diet.

Apakah onigiri baik untuk kesehatan?

Onigiri mengandung karbohidrat yang baik untuk membantu memberikan energi yang cepat. Onigiri juga tidak mengandung lemak trans yang dapat memicu kenaikan berat badan dan berbagai macam penyakit berbahaya. Namun, perlu dijaga konsumsi onigiri pada jumlah yang tepat dan seimbang.

Apakah onigiri cocok untuk anak-anak?

Onigiri bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang praktis dan cocok untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah. Namun, perlu diperhatikan jenis lauk yang diisi pada onigiri dan jumlah yang dikonsumsi agar tidak terjadi kenaikan berat badan pada anak-anak.

Mengapa onigiri sering dijual dalam kemasan plastik?

Onigiri sering dijual dalam kemasan plastik untuk mempertahankan kebersihannya dan membuatnya lebih mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.

Apakah onigiri cocok untuk orang yang sedang berpuasa?

Onigiri bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan jenis lauk yang diisi pada onigiri dan jumlah yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan kerusakan pada lambung dan tubuh.

Bagaimana cara membuat onigiri sendiri di rumah?

Caranya sangat mudah. Siapkan sejumput nasi yang sudah masak, beri isian sesuai selera, dan bungkus dengan nori. Resep lengkapnya dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Apakah onigiri mampu menjadi pengganti makanan berat seperti nasi goreng?

Tentu saja tidak. Onigiri memang dapat memberikan energi yang cepat namun tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengapa onigiri menjadi makanan yang populer di kalangan pelajar di Jepang?

Onigiri menjadi populer di kalangan pelajar karena onigiri mudah disiapkan, praktis dibawa ke mana saja, dan memiliki harga yang terjangkau.

Apakah onigiri cocok dikonsumsi sebelum berolahraga?

Onigiri mengandung karbohidrat yang baik untuk membantu memberikan energi yang cepat. Oleh karena itu, onigiri cocok dikonsumsi sebelum berolahraga.

Jika ingin memilih onigiri yang rendah kalori, isian apa yang sebaiknya dipilih?

Beberapa isian yang lebih rendah kalori seperti sayuran atau telur dapat menjadi alternatif untuk memilih onigiri yang lebih rendah kalori.

Kesimpulan

Onigiri memang salah satu makanan khas Jepang yang sering dijumpai di seluruh dunia. Walau banyak yang meragukan kandungan kalorinya, tapi onigiri sebenarnya memiliki banyak kelebihan seperti mudah disiapkan, mudah didapatkan, dan juga cocok sebagai bekal. Meskipun begitu, onigiri juga memiliki kekurangan seperti kandungan nutrisi yang terbatas dan tidak cocok bagi orang dengan alergi terhadap gluten. Sebaiknya, kita perlu memperhatikan jumlah yang dikonsumsi agar tidak terjadi kenaikan berat badan dan juga memperhatikan jenis isian yang diisi pada onigiri. Onigiri menjadi salah satu alternatif makanan yang cocok dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan seimbang.

Action Plan

Dari informasi yang telah disampaikan, ada beberapa langkah action plan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pola makan sehari-hari:

Mengurangi Konsumsi Onigiri yang Berlebihan

Onigiri memang nikmat, tapi tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Kita perlu memperhatikan jumlah yang dikonsumsi agar tidak terjadi kenaikan berat badan dan juga dapat menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Mencari Variasi Makanan Lain

Kita juga perlu mencari variasi makanan lain yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita seperti sayur dan buah-buahan. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kita agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Membuat Onigiri Sendiri di Rumah

Kita dapat membuat onigiri sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Dengan cara ini, kita dapat memilih jenis isian yang ingin diisi dan juga memperhatikan jumlah kalori yang dikon

Tinggalkan komentar