environmental scanning adalah

PENDAHULUAN

Memahami lingkungan bisnis yang kompleks menjadi suatu tantangan bagi setiap organisasi. Mereka harus memperhatikan faktor-faktor eksternal seperti regulasi pemerintah, persaingan industri, dan perubahan teknologi yang dapat mempengaruhi operasi bisnis mereka. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menjalankan praktik environmental scanning untuk memastikan mereka selalu memperhatikan lingkungan bisnis yang sedang berubah.

Environmental scanning adalah suatu proses yang dilakukan oleh organisasi untuk mempelajari lingkungan eksternal mereka, sehingga mereka dapat merespons dengan tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan. Proses ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi tentang lingkungan eksternal organisasi, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang lebih mendalam dan tepat waktu.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara rinci tentang environmental scanning, termasuk kelebihan dan kekurangan, serta bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan praktik ini untuk mencapai keberhasilan dan keberlanjutan bisnis.

APA ITU ENVIRONMENTAL SCANNING?

Environmental scanning adalah proses strategis yang dilakukan oleh organisasi untuk memahami lingkungan bisnis mereka dan mendeteksi perubahan serta peluang yang muncul. Proses ini melibatkan pengumpulan dan analisis data tentang faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi operasi bisnis, sehingga organisasi dapat merumuskan strategi dan rencana berdasarkan informasi yang terkumpul.

Praktik environmental scanning memungkinkan perusahaan untuk memperoleh informasi mengenai tren dan peluang bisnis, persaingan dalam industri mereka, serta perubahan lingkungan politik dan hukum. Hal ini memungkinkan mereka untuk merespons dengan cepat dan tepat terhadap perubahan lingkungan bisnis yang dapat mempengaruhi operasi mereka.

MANFAAT DARI ENVIRONMENTAL SCANNING

💡 Meningkatkan Pemahaman tentang Lingkungan Bisnis

Environmental scanning dapat membantu organisasi memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan bisnis mereka. Dalam proses ini, organisasi mempelajari tentang faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi operasi mereka, termasuk kekuatan dan kelemahan pesaing, peluang pasar baru, regulasi pemerintah, dan perubahan teknologi. Dengan memahami lingkungan bisnis dengan lebih baik, organisasi dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan mengembangkan strategi yang lebih efektif.

💡 Meningkatkan Kepatuhan dan Keamanan Bisnis

Praktik environmental scanning memungkinkan organisasi untuk selalu memperhatikan perkembangan hukum dan peraturan yang berlaku. Dengan memahami dan mematuhi peraturan yang ada, organisasi dapat mengurangi risiko hukum dan menjaga keamanan bisnis mereka.

💡 Menemukan Peluang Bisnis Baru

Environmental scanning dapat membantu organisasi menemukan peluang bisnis yang belum terlihat sebelumnya. Dalam proses ini, organisasi dapat memperoleh informasi tentang tren pasar baru, permintaan konsumen, dan teknologi yang berkembang. Dengan memanfaatkan informasi ini, organisasi dapat mengembangkan produk dan layanan baru, membuka pasar baru, dan meningkatkan keuntungan mereka.

💡 Mengurangi Risiko Bisnis

Dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, organisasi harus dapat merespon dengan cepat dan tepat terhadap perubahan tersebut untuk mengurangi risiko bisnis. Environmental scanning memungkinkan organisasi untuk mengikuti perubahan lingkungan bisnis dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko bisnis.

KELEBIHAN DARI ENVIRONMENTAL SCANNING

👍 Mengurangi Risiko Bisnis

Dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, organisasi harus dapat merespon dengan cepat dan tepat terhadap perubahan tersebut untuk mengurangi risiko bisnis. Environmental scanning memungkinkan organisasi untuk mengikuti perubahan lingkungan bisnis dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko bisnis.

👍 Menjaga Keberlanjutan Bisnis

Dalam praktik environmental scanning, organisasi mempelajari tentang faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi operasi bisnis mereka. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, organisasi dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keberlanjutan operasi bisnis mereka di masa depan.

👍 Memungkinkan Pengambilan Keputusan yang Tepat

Dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang lingkungan bisnis, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan mendalam. Praktik environmental scanning memungkinkan organisasi untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan bisnis, sehingga mereka dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

KEKURANGAN DARI ENVIRONMENTAL SCANNING

👎 Memerlukan Sumber Daya yang Signifikan

Proses environmental scanning memerlukan sumber daya yang signifikan, termasuk waktu dan tenaga. Proses pengumpulan dan analisis data dapat memakan waktu dan dana, dan memerlukan keahlian khusus untuk melakukan analisis yang akurat dan tepat.

👎 Membuat Organisasi Terbebani Informasi

Praktik environmental scanning dapat menyediakan banyak informasi tentang lingkungan bisnis, dan organisasi mungkin kesulitan dalam mengevaluasi dan memanfaatkan informasi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan organisasi terbebani oleh informasi yang tidak relevan dan tidak berguna.

👎 Tidak Ada Jaminan Keberhasilan

Implementasi environmental scanning tidak menjamin keberhasilan operasi bisnis. Praktik ini hanya membantu organisasi memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan bisnis mereka dan membuat keputusan yang lebih tepat. Namun, keberhasilan bisnis masih tergantung pada faktor-faktor lain seperti manajemen operasi yang efektif, inovasi, dan kepuasan pelanggan.

BAGAIMANA PERUSAHAAN DAPAT MENERAPKAN ENVIRONMENTAL SCANNING?

Untuk memanfaatkan manfaat dari environmental scanning, perusahaan harus melakukan beberapa langkah terkait praktik ini. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

💡 Identifikasi Faktor Lingkungan yang Relevan

Organisasi harus mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang paling relevan dan mempengaruhi operasi mereka, seperti persaingan industri, regulasi pemerintah, teknologi, dan tren pasar. Dengan memahami faktor-faktor ini dengan lebih baik, organisasi dapat merespons dengan tepat terhadap perubahan lingkungan bisnis.

💡 Kumpulkan Informasi yang Diperlukan

Organisasi harus mempertimbangkan sumber informasi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi, seperti publikasi industri, survei pasar, dan laporan hasil riset. Dalam mengumpulkan informasi, organisasi harus memperhatikan sumber informasi yang dapat dipercaya dan relevan.

💡 Analisis Informasi yang Telah Didapat

Setelah mengumpulkan informasi, organisasi harus menganalisis informasi tersebut untuk memahami tren bisnis, peluang pasar, dan pesaing industri. Dalam proses ini, organisasi harus berhati-hati dalam menganalisis informasi dan memastikan informasi yang digunakan relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.

💡 Membuat Rencana Berdasarkan Informasi yang Diperoleh

Dengan memahami faktor lingkungan yang mempengaruhi operasi bisnis, organisasi dapat membuat rencana berdasarkan informasi yang terkumpul. Rencana ini dapat digunakan untuk merespons dengan tepat terhadap perubahan lingkungan bisnis, meningkatkan keuntungan, dan mengurangi risiko bisnis.

TABEL KESELURUHAN INFORMASI TENTANG ENVIRONMENTAL SCANNING

Informasi Definisi
Environmental Scanning Proses strategis yang dilakukan oleh organisasi untuk memahami lingkungan bisnis mereka dan mendeteksi perubahan serta peluang yang muncul.
Keuntungan Environmental Scanning Meningkatkan pemahaman tentang lingkungan bisnis, menjaga keberlanjutan bisnis, menemukan peluang bisnis baru, dan mengurangi risiko bisnis.
Kekurangan Environmental Scanning Memerlukan sumber daya yang signifikan, membuat organisasi terbebani informasi, dan tidak ada jaminan keberhasilan.
Langkah-langkah dalam Menerapkan Environmental Scanning Identifikasi faktor lingkungan yang relevan, kumpulkan informasi yang diperlukan, analisis informasi yang telah didapat, dan membuat rencana berdasarkan informasi yang diperoleh.

FAQ

Apa itu Environmental Scanning?

Environmental scanning adalah proses yang dilakukan oleh organisasi untuk mempelajari lingkungan eksternal mereka, sehingga mereka dapat merespons dengan tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Apa Manfaat dari Environmental Scanning?

Manfaat dari environmental scanning adalah dapat meningkatkan pemahaman tentang lingkungan bisnis, menjaga keberlanjutan bisnis, menemukan peluang bisnis baru, dan mengurangi risiko bisnis.

Apa Kekurangan dari Environmental Scanning?

Kekurangan dari environmental scanning adalah memerlukan sumber daya yang signifikan, membuat organisasi terbebani informasi, dan tidak ada jaminan keberhasilan.

Bagaimana Tata Cara Menerapkan Environmental Scanning?

Tata cara menerapkan environmental scanning adalah dengan mengidentifikasi faktor lingkungan yang relevan, mengumpulkan informasi yang diperlukan, menganalisis informasi yang telah didapat, dan membuat rencana berdasarkan informasi yang diperoleh.

Siapa yang Harus Melakukan Environmental Scanning?

Environmental scanning harus dilakukan oleh organisasi dan manajemen mereka, yang bertanggung jawab untuk merencanakan strategi dan mengambil keputusan.

Apa yang menjadi Fokus dalam Environmental Scanning?

Fokus environmental scanning adalah memperhatikan faktor-faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi operasi bisnis organisasi, seperti persaingan industri, regulasi pemerintah, teknologi, dan tren pasar.

Bagaimana Mengukur Keberhasilan Environmental Scanning?

Keberhasilan environmental scanning dapat diukur dengan melihat seberapa baik perusahaan merespons perubahan lingkungan bisnis, meningkatkan keuntungan, dan mengurangi risiko bisnis.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Informasi Environmental Scanning Tidak Akurat?

Jika informasi dalam environmental scanning tidak akurat, organisasi harus melakukan revisi dan penyempurnaan informasi tersebut. Organisasi juga harus memastikan sumber informasi yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan dan relevan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tren Bisnis Berubah Selama Environmental Scanning?

Jika tren bisnis berubah selama environmental scanning, organisasi harus merespons dengan cepat dan mengubah strategi dan rencana mereka berdasarkan tren baru tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Environmental Scanning Terlalu Mahal?

Jika environmental scanning terlalu mahal, organisasi harus mempertimbangkan sumber daya yang ada dan memprioritaskan faktor-faktor lingkungan yang paling relevan dan penting.

Siapa yang Bertanggung Jawab untuk Melakukan Environmental Scanning?

Tanggung jawab untuk melakukan environmental scanning ada pada manajemen organisasi.

Bagaimana Environmental Scanning Berbeda dari Internal Audit?

Environmental scanning melibatkan pengumpulan dan analisis informasi tentang lingkungan eksternal organisasi, sedangkan internal audit melibatkan pengumpulan dan analisis informasi tentang lingkungan internal organisasi.

Bagaimana Environmental Scanning Berbeda dari Strategi Bisnis?

Environmental scanning memungkinkan organisasi untuk memperoleh informasi tentang lingkungan bisnis mereka, sedangkan strategi bisnis adalah rencana jangka panjang yang dibuat oleh organisasi untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Environmental scanning dapat membantu organisasi mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif dan tepat.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Environmental Scanning Tidak Menemukan Perubahan Sign

Tinggalkan komentar