Doa Buka Puasa Beserta Artinya

Hello Sobat MataBiovision! Bulan Ramadan telah tiba, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Setiap muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum, namun juga menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa. Puasa diakhiri dengan berbuka puasa, dan pada saat itulah kita dapat memanjatkan doa. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang doa buka puasa beserta artinya. Yuk, simak bersama-sama!

Doa Buka Puasa

Doa buka puasa adalah doa yang dipanjatkan ketika puasa telah berakhir. Doa ini merupakan doa yang sangat dianjurkan dan akan diijabah oleh Allah SWT. Berikut adalah doa buka puasa:

Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika aftartu

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan-Mu aku beriman serta dengan rezeki-Mu aku berbuka.

Doa buka puasa ini sangat penting untuk dipanjatkan karena dengan memanjatkan doa ini, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang kita lakukan selama bulan Ramadan adalah semata-mata hanya untuk Allah SWT saja. Selain itu, doa ini juga menjadi bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah memberikan kita kekuatan untuk menyelesaikan ibadah puasa.

Arti Dari Doa Buka Puasa

Doa buka puasa memiliki arti yang sangat dalam. Berikut adalah arti dari doa buka puasa:

“Allahumma laka shumtu” artinya “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa”. Dalam kalimat ini, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang kita lakukan selama bulan Ramadan, termasuk berpuasa, adalah semata-mata hanya untuk Allah SWT saja. Kita menyadari bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang berhak menerima segala bentuk ibadah kita.

“wa bika aamantu” artinya “dan dengan-Mu aku beriman”. Dalam kalimat ini, kita menyatakan bahwa segala kepercayaan kita hanya kepada Allah SWT. Kita menyadari bahwa hanya dengan beriman kepada Allah SWT, kita dapat mengakhiri ibadah puasa dengan sukses.

“wa ‘alaa rizqika aftartu” artinya “dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”. Dalam kalimat ini, kita mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya sumber rezeki kita. Kita menyadari bahwa semua yang kita miliki, termasuk makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa, adalah semata-mata hasil dari karunia Allah SWT.

Keutamaan Doa Buka Puasa

Doa buka puasa memiliki keutamaan yang sangat besar. Berikut adalah beberapa keutamaan dari doa buka puasa:

1. Diijabah oleh Allah SWT
Doa buka puasa merupakan doa yang sangat dianjurkan dan pasti akan diijabah oleh Allah SWT. Ketika kita memanjatkan doa ini, kita akan merasakan kehadiran Allah SWT yang lebih dekat dengan kita.

2. Menyucikan Hati
Dengan memanjatkan doa buka puasa, kita akan merasakan kebersihan hati yang lebih dalam. Doa ini akan membantu kita untuk membersihkan hati dari segala macam dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan selama bulan Ramadan.

3. Meningkatkan Kualitas Ibadah
Doa buka puasa juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Ketika kita memanjatkan doa ini, kita akan merasa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa dan lebih fokus dalam melakukan segala hal yang baik.

Doa Buka Puasa Versi Lain

Selain doa buka puasa yang telah kita bahas, masih ada doa buka puasa versi lain yang juga sangat dianjurkan. Berikut adalah doa buka puasa versi lain:

Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika aftartu fathakabbal minni innaka antas sami’ul ‘alim

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Terimalah amal baikku, karena Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Doa buka puasa versi lain ini juga memiliki arti dan keutamaan yang sama dengan doa buka puasa sebelumnya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang doa buka puasa beserta artinya. Doa buka puasa merupakan doa yang sangat dianjurkan dan pasti akan diijabah oleh Allah SWT. Dengan memanjatkan doa ini, kita akan merasakan kehadiran Allah SWT yang lebih dekat dengan kita. Selain itu, doa buka puasa juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan menyucikan hati dari segala macam dosa dan kesalahan. Jadi, jangan lupa untuk memanjatkan doa buka puasa setiap kali berbuka puasa ya, Sobat MataBiovision!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar