arti dari tekanan darah 110 70

Menelusuri Arti dari Tekanan Darah 110 70

Tekanan darah adalah kondisi vital tubuh yang harus selalu dipantau dan dijaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan. Tekanan darah yang berada dalam batas normal menandakan kesehatan tubuh yang baik. Salah satu kondisi ideal dari tekanan darah adalah 110/70 mmHg. Namun, apa sebenarnya arti dari tekanan darah 110 70? Berikut adalah penjelasan secara detail mengenai arti dari tekanan darah 110 70.

Definisi Tekanan Darah

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang memompa di dalam tubuh melalui pembuluh darah. Ada dua jenis tekanan darah yang harus diperhatikan, yaitu tekanan darah sistolik (angka atas) dan tekanan darah diastolik (angka bawah). Tekanan darah sistolik adalah tekanan pada saat jantung berkontraksi dan memompa darah ke dalam arteri, sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan pada saat jantung beristirahat alias diantara kontraksi.

Tekanan Darah Sistolik Tekanan Darah Diastolik
110 70

Menilai Tekanan Darah yang Ideal

Menurut American Heart Association, tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Jadi, arti dari tekanan darah 110 70 berarti bahwa tekanan darah seseorang berada dalam batas normal yang baik.

Kelebihan dari Tekanan Darah 110/70 mmHg

1. Menandakan Kesehatan Jantung yang Baik

Tekanan darah yang ideal menandakan bahwa jantung berfungsi dengan baik. Jantung dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah tinggi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga dapat memengaruhi kesehatan jantung.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan di dalam Tubuh

Tekanan darah yang baik juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Cairan dalam tubuh harus dijaga agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tekanan darah yang ideal dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

3. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Menjaga tekanan darah dalam batas normal juga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Penyakit jantung dapat terjadi ketika tekanan darah tidak terjaga dengan baik. Dengan menjaga tekanan darah tetap normal, risiko penyakit jantung dapat diminimalisir.

4. Meningkatkan Kesehatan Tubuh secara Umum

Tekanan darah yang ideal juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Tubuh akan merasa lebih sehat dan bugar jika tekanan darah selalu berada dalam batas normal. Selain itu, risiko terkena gangguan kesehatan dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Tekanan darah yang ideal juga dapat meningkatkan fungsi otak. Otak memerlukan jumlah oksigen yang cukup untuk bekerja dengan baik. Tekanan darah yang normal dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga otak dapat bekerja lebih efektif dan meningkatkan kemampuan kognitif.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Tekanan darah yang rendah dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal membutuhkan tekanan darah yang normal untuk memproses limbah dan cairan dalam tubuh. Tekanan darah rendah dapat membantu menjaga fungsi ginjal yang baik dan mencegah kerusakan ginjal.

7. Tidak Menimbulkan Gejala yang Mengganggu

Tekanan darah yang ideal tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Dalam arti lain, seseorang yang memiliki tekanan darah 110/70 mmHg tidak akan merasa pusing, lelah, dan mual.

Kekurangan dari Tekanan Darah 110/70 mmHg

1. Risiko Terkena Hipotensi

Hipotensi adalah kondisi medis ketika tekanan darah dalam tubuh terlalu rendah. Tekanan darah 110/70 mmHg dapat menandakan bahwa seseorang telah mencapai batas rendah dari tekanan darah yang normal. Meskipun hipotensi tidak selalu memerlukan perawatan medis, kondisi ini dapat menyebabkan pingsan, mual, dan gejala lainnya yang tidak nyaman jika berlebihan.

2. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Tekanan darah 110/70 mmHg mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang lebih tua atau mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes atau penyakit jantung mungkin membutuhkan tekanan darah yang lebih tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

FAQ tentang Arti dari Tekanan Darah 110 70

1. Bagaimana cara mengukur tekanan darah?

Untuk mengukur tekanan darah, Anda dapat menggunakan alat sphygmomanometer. Alat ini tersedia di apotek dan dapat digunakan sendiri di rumah atau dibantu oleh seorang profesional medis.

2. Berapa jumlah normal dari tekanan darah?

Jumlah normal dari tekanan darah adalah kurang dari 120/80 mmHg.

3. Apa yang dimaksud dengan tekanan darah sistolik dan diastolik?

Tekanan darah sistolik adalah tekanan pada saat jantung berkontraksi dan memompa darah ke dalam arteri, sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan pada saat jantung beristirahat alias diantara kontraksi.

4. Apa yang harus dilakukan jika tekanan darah terlalu tinggi?

Jika tekanan darah terlalu tinggi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis. Mereka dapat memberikan solusi yang tepat untuk menurunkan tekanan darah Anda.

5. Apa yang harus dilakukan jika tekanan darah terlalu rendah?

Jika tekanan darah terlalu rendah, cobalah untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Namun, jika kondisi terus berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter.

6. Apakah tekanan darah 110/70 mmHg dapat berubah seiring bertambahnya usia?

Ya, tekanan darah dapat berubah seiring bertambahnya usia. Orang yang lebih tua mungkin memerlukan tekanan darah yang sedikit lebih tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

7. Apakah tekanan darah dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan?

Ya, tekanan darah dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti pola makan, gaya hidup, dan kebiasaan tidur yang tidak sehat.

Kesimpulan

Tekanan darah 110/70 mmHg menandakan bahwa seseorang memiliki tekanan darah yang ideal dan kesehatan tubuh yang baik. Namun, tekanan darah 110/70 mmHg mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang lebih tua atau memiliki riwayat penyakit tertentu mungkin membutuhkan tekanan darah yang sedikit lebih tinggi.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan mengikuti pola hidup sehat. Jika merasa ada gejala yang tidak nyaman atau tekanan darah terlalu tinggi/rendah, segera periksakan diri ke dokter atau profesional medis.

Disclaimer

Artikel ini disusun demi tujuan informasi dan edukasi. Artikel ini bukanlah pengganti saran medis atau diagnosis dari dokter atau profesional medis.

Tinggalkan komentar