apakah yakult termasuk yogurt

Pendahuluan

Yakult dan yogurt adalah dua minuman fermentasi yang populer di seluruh dunia. Kedua minuman ini dikenal karena manfaat kesehatannya dan rasanya yang lezat. Akan tetapi, masih banyak orang yang bertanya-tanya, apakah Yakult termasuk jenis yogurt?

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Yakult dan yogurt, serta apakah Yakult termasuk dalam kategori yogurt atau bukan.

Apa itu Yakult?

Yakult adalah minuman probiotik yang pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1935. Minuman ini terbuat dari susu skim yang difermentasi dengan bakteri Lactobacillus casei Shirota. Yakult memiliki tekstur yang mirip dengan yogurt, dan memiliki rasa yang manis dengan sedikit keasaman.

Apa itu Yogurt?

Yogurt juga merupakan minuman fermentasi yang dibuat dari susu yang difermentasi dengan bakteri tertentu. Namun, bakteri yang digunakan dalam pembuatan yogurt berbeda dari bakteri yang digunakan dalam pembuatan Yakult. Bakteri yang biasanya digunakan dalam pembuatan yogurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Perbedaan Antara Yakult dan Yogurt

Meskipun Yakult dan yogurt terlihat mirip, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Pertama, Yakult lebih cair dan memiliki tekstur yang lebih sedikit daripada yogurt. Kedua, Yakult biasanya lebih manis, sementara yogurt memiliki rasa yang lebih asam. Terakhir, bakteri yang digunakan dalam pembuatan Yakult berbeda dari bakteri yang biasanya digunakan dalam pembuatan yogurt.

Apakah Yakult Termasuk Yogurt?

Meskipun Yakult dan yogurt terlihat mirip, namun keduanya bukan termasuk jenis yang sama. Yakult termasuk dalam kategori minuman probiotik, sedangkan yogurt termasuk dalam kategori makanan fermentasi.

Selain itu, Yakult memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi daripada yogurt. Bakteri yang terkandung dalam Yakult juga memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik daripada bakteri yang terkandung dalam yogurt.

Kelebihan Yakult

Ada beberapa kelebihan dalam mengonsumsi Yakult. Pertama, Yakult mengandung probiotik yang memperbaiki kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua, Yakult membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Ketiga, Yakult juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kekurangan Yakult

Meskipun Yakult memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Yakult mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk penderita diabetes. Kedua, Yakult juga mengandung sedikit protein dan vitamin, sehingga tidak cocok sebagai pengganti makanan.

Kelebihan dan Kekurangan Yogurt

Yogurt juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui. Kelebihan yogurt adalah kandungan probiotik dan kalsiumnya yang baik untuk kesehatan tulang. Kekurangan yogurt adalah kandungan gula dan lemaknya yang harus diatur dalam pola makan sehari-hari.

Tabel Perbandingan Yakult dan Yogurt

Yakult Yogurt
Jenis Minuman Minuman Probiotik Makanan Fermentasi
Bakteri yang Digunakan Lactobacillus casei Shirota Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
Tekstur Cair Kental
Rasa Manis dengan sedikit keasaman Asam
Kandungan Bakteri Lebih Tinggi Lebih Rendah
Kandungan Gula Tinggi Bervariasi
Kandungan Protein dan Vitamin Sedikit Ada

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Apakah Yakult baik untuk kesehatan?

Jawaban: Ya, Yakult sangat baik untuk kesehatan karena kandungan probiotiknya yang tinggi.

2. Apa manfaat Yakult bagi tubuh?

Jawaban: Yakult dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kesehatan usus, dan meningkatkan sistem pencernaan.

3. Apa bedanya Yakult dengan minuman probiotik lainnya?

Jawaban: Yakult memiliki kandungan bakteri Lactobacillus casei Shirota yang unik dan tidak ditemukan di minuman probiotik lainnya.

4. Dapatkah Yakult menggantikan yogurt?

Jawaban: Tidak, Yakult dan yogurt memiliki kandungan nutrisi yang berbeda sehingga tidak bisa saling menggantikan.

5. Apa saja kandungan gula dalam Yakult?

Jawaban: Yakult mengandung sekitar 10-12 gram gula per botolnya.

6. Apakah Yakult cocok untuk penderita diabetes?

Jawaban: Tidak, Yakult mengandung gula yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk penderita diabetes.

7. Berapa kali sehari sebaiknya mengonsumsi Yakult?

Jawaban: Sebaiknya mengonsumsi Yakult satu botol per hari.

Kesimpulan

Meskipun Yakult dan yogurt terlihat mirip, namun keduanya bukan termasuk jenis yang sama. Yakult termasuk dalam kategori minuman probiotik, sedangkan yogurt termasuk dalam kategori makanan fermentasi. Yakult memiliki manfaat kesehatan yang besar, namun juga memiliki beberapa kekurangan.

Action Point

Jangan ragu untuk mengonsumsi Yakult sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Namun pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur dan memperhatikan jumlah gula yang terkandung di dalamnya.

Kata Penutup

Sebelum mengonsumsi Yakult atau yogurt, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Artikel ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara Yakult dan yogurt.

Tinggalkan komentar