Apa Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional Dan Alat Komunikasi Modern

Pada artikel kali ini, kita akan membahas topik yang sangat menarik yaitu apa perbedaan alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern . yang mana alat komunikasi terus berkembang dari waktu ke waktu dan semakin canggih tentunya

Komunikasi telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sejak dahulu kala. Seiring waktu, alat komunikasi pun mengalami perkembangan yang dramatis. Mari kita selami lebih dalam bagaimana peralatan ini berubah dari masa ke masa.

Di era digital ini, kita sering lupa bagaimana komunikasi dilakukan di masa lalu. Dari surat yang dikirim dengan tangan hingga pesan instan yang terkirim dalam hitungan detik, perjalanan alat komunikasi sangatlah panjang dan penuh inovasi.

Apa perbedaan alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern

Mari kita mulai dengan melihat bagaimana komunikasi tradisional berlangsung dan perannya dalam masyarakat masa lampau. perbedaan yang mencolok yang bisa di lihat antara alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern adalah dari teknologinya .

1. Alat komunikasi tradisional

Dahulu, komunikasi tradisional melibatkan berbagai cara seperti penggunaan asap, drum, dan surat. Mengirim pesan bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Surat yang dikirim lewat pos, misalnya, menjadi simbol komunikasi yang penuh dengan emosi dan arti.

Ada juga pesan yang disampaikan melalui asap atau drum yang sering digunakan oleh masyarakat adat untuk mengirimkan pesan penting antar desa.

Walaupun pada zaman dahulu belum secanggih sekarang, komunikasi pada zaman dahulu menggunakan alat komunikasi yang bersifat tradisional. Alat komunikasi tradisional merupakan alat komunikasi yang bersifat konvensional dan mengandalkan sumber daya yang ada di sekitar kita untuk dijadikan sebagai alat komunikasi.

Berikut beberapa contoh dari alat komunikasi tradisional:

  • Kentongan: Digunakan untuk memberi tanda bahaya, mengumumkan berita, atau memanggil orang berkumpul.
  • Telepon kaleng: Alat komunikasi sederhana yang terbuat dari kaleng bekas dan benang, memungkinkan percakapan jarak pendek.
  • Surat: Alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh.
  • Lonceng: Digunakan di gereja, sekolah, atau tempat umum lainnya untuk memberi tanda.
  • Burung merpati: Digunakan untuk mengantarkan surat atau pesan penting.

Berdasarkan catatan sejarah, jenis komunikasi ini cukup populer di era kerajaan. Di mana raja seringkali menyebarkan berita atau titah ke seluruh penjuru negeri tanpa harus khawatir adanya miskomunikasi.

2. Alat komunikasi modern

Di era modern, alat komunikasi yang dominan digunakan adalah alat komunikasi modern. Alat komunikasi modern memiliki ciri-ciri seperti:

  • Komponennya rumit dan mahal: Pembuatannya sulit dan membutuhkan ketelitian tinggi.
  • Fleksibel dan praktis: Mudah dibawa dan digunakan kapanpun dan dimanapun.
  • Penyampaian informasi cepat: Informasi dapat disampaikan dengan cepat dan efisien.
  • Jarak jangkau informasinya luas: Informasi dapat diakses dari manapun di seluruh dunia.

Tak hanya mengirim pesan, alat komunikasi modern juga bisa menghibur dan memberikan informasi beraneka ragam dari seluruh penjuru dunia.

Alat komunikasi modern merupakan pengembangan dari alat komunikasi tradisional. Manusia memperbaharui alat komunikasi terdahulu dengan menambahkan teknologi untuk mengatasi kelemahan yang sebelumnya menghambat aktivitas bertukar informasi.

Alat komunikasi modern memiliki jangkauan yang luas dan menghasilkan informasi atau pesan yang canggih seperti memuat tulisan, gambar, bahkan gambar bergerak.

Alat komunikasi modern juga memungkinkan manusia bertukar informasi dengan cepat meskipun terpisah jarak yang jauh.

Adapun contoh alat komunikasi modern adalah:

  • Telepon seluler
  • Komputer
  • Internet
  • Radio
  • Televisi
  • Email
  • Dan lain sebagainya

Kesimpulannya

Demikianlah sobat semua mengenai apa perbedaan alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern yang bisa saya sampaikan . intinya adalah perbedaan teknologi modern yang sedang di gunakan di masa sekarang selain bahan yang di gunakan .

Alat komunikasi tradisional dan modern memiliki peran dan pengaruhnya masing-masing dalam sejarah dan masyarakat.

Sementara alat modern menawarkan kepraktisan dan kecepatan, alat tradisional membawa nilai historis dan kekayaan budaya.

Kedua jenis alat komunikasi ini, dengan cara mereka tersendiri, telah membentuk dan terus membentuk cara kita berinteraksi dan memahami dunia di sekitar kita.

Tinggalkan komentar