Apa Beda Keratin Dan Smoothing , Rebonding

Kali ini admin akan membagikan info mengenai apa beda keratin dan smoothing lengkap dengan rebonding . karena memang ketiganya adalah penanganan dan perawatan rambut yang saat ini memang populer di kalangan wanita .

Banyak yang mengira ketiga treatment ini sama saja karena fungsinya sama-sama meluruskan rambut. Namun, ada perbedaan penting yang harus kalian ketahui sebelum memilih treatment yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut kalian. Jangan sampai salah pilih treatment, ya!

Bahan Kimia dan Kandungan dalam Rebonding, Smoothing, dan Keratin

Rebonding menggunakan bahan kimia paling kuat dan banyak dibandingkan treatment lainnya. Obatnya lebih mudah menyerap ke lapisan kutikula rambut sehingga dapat mengubah struktur alami rambut menjadi lurus sempurna. Smoothing juga menggunakan bahan kimia, tetapi tidak sebanyak rebonding. Hasil smoothing lebih natural, tidak terlalu lurus seperti rebonding. Smoothing ini cocok untuk kalian yang ingin meluruskan rambut tetapi tetap terlihat alami dan tidak terlalu kaku.

Keratin, di sisi lain, menggunakan bahan kimia paling sedikit. Treatment ini tidak hanya meluruskan rambut, tetapi juga menyehatkan rambut yang rusak akibat proses kimia lainnya. Keratin mengandung protein alami yang membantu memperbaiki struktur rambut yang rusak dan membuatnya lebih halus dan mudah diatur.

Apa Beda Keratin dan Smoothing?

Apa Beda Keratin Dan Smoothing

Baik keratin dan smoothing merupakan perawatan rambut yang populer untuk mendapatkan rambut lurus dan mudah diatur. Namun, Apa Beda Keratin Dan Smoothing yang mendasar di antara keduanya:

Tujuan:

  • Keratin: Memfokuskan pada merekonstruksi dan memperbaiki rambut yang rusak, menghidrasi, dan meningkatkan kilau. Hasilnya rambut lebih sehat, halus, dan mudah diatur, namun tidak selalu lurus sempurna.
  • Smoothing: Meluruskan rambut secara permanen atau semi-permanen dengan menggunakan bahan kimia. Hasilnya rambut lurus dan rapi, dengan tingkat kelurusan yang bervariasi tergantung jenis smoothing.

Proses:

  • Keratin: Melibatkan aplikasi produk keratin cair yang diinfus ke rambut, kemudian dikeringkan dan diseterika. Proses ini tidak mengubah struktur kimia rambut.
  • Smoothing: Melibatkan aplikasi bahan kimia (biasanya mengandung formalin) yang dibiarkan meresap ke dalam rambut, kemudian dikeringkan dan diluruskan dengan alat khusus. Proses ini mengubah struktur kimia rambut.

Ketahanan:

  • Keratin: Hasilnya bertahan 2-3 bulan, tergantung jenis rambut dan perawatan rambut di rumah.
  • Smoothing: Hasilnya bertahan 3-6 bulan, tergantung jenis smoothing dan perawatan rambut di rumah.

Efek Samping:

  • Keratin: Umumnya aman, tidak memiliki efek samping yang signifikan.
  • Smoothing: Berpotensi menimbulkan iritasi kulit kepala, kerusakan rambut, dan efek kesehatan jangka panjang jika bahan kimia yang digunakan tidak aman.

Proses dan Cara Penggunaan Rebonding, Smoothing, dan Keratin

Proses penggunaan rebonding dan smoothing hampir sama. Dimulai dengan mencuci rambut, pemberian obat pertama, bilas, pemberian obat kedua, dan pencatokan. Proses ini memakan waktu sekitar 3-5 jam tergantung panjang dan ketebalan rambut. Keratin lebih cepat, sekitar 2-3 jam. Dimulai dengan mencuci rambut, pemberian obat keratin, tunggu 40 menit, keringkan dengan hair dryer, dan catok.

Ketahanan Hasil Treatment Rambut

Ketahanan hasil rebonding adalah yang paling lama, bisa bertahan 1-2 tahun. Namun, perlu di-retouch setiap enam bulan untuk mempertahankan hasil yang sama. Smoothing biasanya bertahan 6-8 bulan, sedangkan keratin hanya 2-3 bulan. Meski ketahanan keratin lebih pendek, manfaat kesehatannya untuk rambut sangat signifikan.

Perawatan Setelah Treatment Rambut

Setelah melakukan treatment, disarankan untuk tidak keramas selama 72 jam. Hindari mengikat rambut dan gunakan produk perawatan rambut yang bebas sulfat serta tetap gunakan masker atau vitamin rambut untuk menjaga kesehatan rambut. Khusus untuk keratin, penting untuk menggunakan shampoo dan conditioner berbasis keratin untuk mempertahankan hasil treatment lebih lama.

Harga Treatment Rambut: Rebonding, Smoothing, dan Keratin

Mari kita mulai dari harga. Di antara ketiga treatment ini, rebonding adalah yang paling murah. Harganya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000. Smoothing sedikit lebih mahal, yaitu antara Rp250.000 hingga Rp400.000, tergantung jenis dan ketebalan rambut kalian. Sedangkan keratin memiliki harga paling mahal, mulai dari Rp500.000 hingga Rp700.000, dan bisa mencapai jutaan rupiah tergantung salon yang kalian pilih.

Pertimbangan Sebelum Memilih Treatment Rambut

Sebelum memutuskan untuk melakukan salah satu dari tiga treatment rambut ini, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan:

  1. Kondisi Rambut Saat Ini: Jika rambut kalian sudah rusak atau sering terkena proses kimia seperti pewarnaan atau bleaching, keratin bisa menjadi pilihan terbaik karena tidak hanya meluruskan tetapi juga memperbaiki rambut yang rusak. Sebaliknya, jika rambut kalian sehat dan hanya ingin meluruskannya, smoothing atau rebonding bisa dipertimbangkan.
  2. Hasil yang Diinginkan: Pertimbangkan hasil akhir yang kalian inginkan. Jika ingin rambut lurus sempurna dan tahan lama, rebonding adalah pilihan tepat. Jika menginginkan hasil yang lebih alami dan tidak terlalu kaku, smoothing lebih cocok. Sementara itu, jika kalian ingin rambut lurus namun tetap sehat dan lembut, keratin adalah pilihan yang tepat.
  3. Budget: Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga tiap treatment berbeda. Pastikan kalian memilih treatment yang sesuai dengan anggaran. Rebonding biasanya lebih terjangkau, sementara keratin lebih mahal tetapi memberikan manfaat kesehatan rambut.
  4. Waktu dan Perawatan: Pertimbangkan juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan treatment dan perawatan setelahnya. Rebonding dan smoothing memakan waktu lebih lama dibandingkan keratin. Selain itu, perawatan setelah treatment juga berbeda. Misalnya, keratin membutuhkan produk perawatan berbasis keratin untuk mempertahankan hasil lebih lama.

Penutup

Demikianlah sobat mengenai apa beda keratin dan smoothing yang perlu kamu tahu , lengkap dengan penjelasan mengenai penanganan rambut tersebut . mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga berguna . terimakasih .

Tinggalkan komentar