10 Desember Hari Apa?

Pengantar

Hello Sobat matabiovision! Terkadang kita sering mendengar bahwa ada hari tertentu yang memiliki makna khusus, seperti Hari Kemerdekaan atau Hari Valentine. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tanggal 10 Desember. Apakah Sobat matabiovision tahu apa arti dari tanggal tersebut?

Sejarah 10 Desember

Tanggal 10 Desember sebenarnya memiliki makna yang sangat penting bagi dunia. Pada tanggal ini, tepatnya pada tahun 1948, PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Deklarasi ini berisi tentang hak-hak dasar manusia seperti hak atas kebebasan dan hak atas keadilan.

Deklarasi ini disusun oleh para delegasi dari berbagai negara yang bergabung dalam Sidang Majelis Umum PBB. Sidang ini berlangsung selama 2 tahun dan hasilnya adalah penandatanganan deklarasi tersebut pada tanggal 10 Desember 1948.

Peringatan 10 Desember

Pada setiap tanggal 10 Desember, seluruh dunia memperingati hari yang disebut sebagai Hari HAM Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama dan harus dihormati oleh semua pihak.

Pada peringatan ini, biasanya dilakukan berbagai acara seperti seminar, konferensi, dan kegiatan sosial yang bertujuan untuk memperjuangkan hak asasi manusia. Selain itu, para aktivis juga sering melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut hak-hak yang masih belum diperoleh oleh masyarakat.

Hak Asasi Manusia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, deklarasi yang disusun pada tanggal 10 Desember 1948 berisi tentang hak-hak dasar manusia. Beberapa hak tersebut antara lain:

1. Hak atas kebebasan

2. Hak atas keadilan

3. Hak atas kesehatan

4. Hak atas pendidikan

5. Hak atas pekerjaan

Hak-hak tersebut harus dihormati oleh pemerintah dan masyarakat secara umum. Jika hak-hak tersebut tidak dihormati, maka dapat menimbulkan konflik dan ketidakadilan dalam masyarakat.

Pentingnya Memperjuangkan HAM

Memperjuangkan hak asasi manusia sangat penting dilakukan. Hal ini karena masih banyak negara yang tidak menghormati hak-hak tersebut. Beberapa contoh pelanggaran HAM yang sering terjadi antara lain:

1. Penyiksaan

2. Diskriminasi

3. Penghilangan paksa

4. Penangkapan sewenang-wenang

5. Kekerasan seksual

Jika pelanggaran HAM tersebut tidak segera dihentikan, maka dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi masyarakat. Oleh karena itu, perjuangan untuk memperjuangkan HAM harus terus dilakukan.

Peran Masyarakat dalam Memperjuangkan HAM

Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga memiliki peran penting dalam memperjuangkan HAM. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat antara lain:

1. Meningkatkan kesadaran tentang HAM

2. Memperjuangkan hak-hak yang belum diperoleh

3. Melakukan aksi unjuk rasa secara damai

4. Melakukan pengawasan terhadap pemerintah

5. Membuat gerakan sosial untuk memperjuangkan HAM

Dengan peran aktif masyarakat dalam memperjuangkan HAM, maka diharapkan hak-hak dasar manusia dapat dihormati dan terjamin oleh semua pihak.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang 10 Desember Hari Apa. Ternyata tanggal tersebut memiliki makna yang sangat penting bagi dunia, yaitu sebagai Hari HAM Sedunia. Oleh karena itu, mari kita terus memperjuangkan HAM agar hak-hak dasar manusia dapat dihormati dan terjamin oleh semua pihak. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar